Home > Pertahanan

Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Baik Menhan Prabowo maupun Sultan Ibrahim sama-sama pernah menempuh pendidikan militer di Fort Bragg dan Fort Benning.
Raja Malaysia ke-17, Sultan Ibrahim Iskandar (65 tahun).
Raja Malaysia ke-17, Sultan Ibrahim Iskandar (65 tahun).

JAKARTA -- Malaysia resmi memiliki raja baru yang berasal dari negara bagian Johor. Sultan Ibrahim Iskandar (65 tahun) resmi menjadi Raja Malaysia ke-17 yang dilantik pada 31 Januari 2024. Sultan Ibrahim menduduki tahta tertinggi menggantikan Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Pahang. Sultan Ibrahim akan menduduki jabatan yang digilir untuk sembilan sultan dari negara bagian di Malaysia itu selama lima tahun ke depan.

Adapun Raja Malaysia, Sultan Ibrahim Iskandar merupakan teman baik Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto. Keduanya sama-sama pernah mengenyam pendidikan spesialis kemiliteran di Amerika Serikat.

Prabowo pun pernah mengunjungi juniornya di Fort Bragg tersebut di Istana Bukit Serene, Johor, Malaysia, Jumat (2/6/2023). Pertemuan Menhan Prabowo tersebut dalam rangka undangan makan siang bersama sahabat lama dan sekaligus berkesempatan mendiskusikan berbagai hal termasuk dalam bidang pertahanan.

Menhan Prabowo bersahabat karib dengan Sulan Johor sejak lama, yaitu sejak keduanya mengikuti latihan kemiliteran di Fort Bragg dan Fort Benning, Amerika Serikat tahun 1980-an. Prabowo memberikan apresiasi kepada Sultan Johor yang merupakan warga kehormatan Korps Baret Merah dan dipandang mampu mendorong hubungan baik antara TNI dan TDM (Tentara Diraja Malaysia), melalui peran aktifnya sebagai perwira militer negara.

"Undangan makan siang ini merupakan simbol hubungan baik antara Malaysia dan Indonesia. Duli Yang Maha Mulia senantiasa menjadi bagian dari Kopassus karena merupakan anggota kohormatan kebanggaan Kopassus yang ikut membawa nama besar Kopassus," kata eks danjen Kopassus tersebut kala itu.

Dalam kesempatan itu, Prabowo berharap, kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia semakin baik. Kedua pihak saling menopang dan meningkatkan kualitas, salah satunya kerja sama dalam bidang pasukan khusus.

Raja Malaysia Junior Prabowo di Fort Bragg

- Sultan Ibrahim Iskandar (65 tahun) resmi menjadi Raja Malaysia ke-17.

- Sultan Ibrahim menyandang gelar Yang Dipertuan Agung periode 2024-2029.

- Ibrahim adalah Sultan Negara Bagian Johor.

- Sistem di Malaysia, sultan atau raja dari sembilan negara Bagian secara bergiliran lima tahun sekali menjabat Yang Dipertuan Agung.

- Sultan Ibrahim merupakan teman dekat Menhan Prabowo Subianto, karena keduanya sama-sama lulusan Fort Bragg dan Fort Benning, Amerika Serikat pada 1980-an.

- Sultan Ibrahim menjadi keluarga besar korps baret merah karena menjadi anggota kehormatan Kopassus.

× Image