Home > Umum

Ceramah Ustadz Syafiq Basalamah di Surabaya Batal Setelah Ditolak GP Ansor

Alasan keberatan GP Ansor adalah ceramah Ustadz Syafiq bersifat provokatif dan adu domba.
Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Sumber:Republika.co.id
Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Sumber:Republika.co.id

JAKARTA -- Ustadz Syafiq Riza Basalamah mengunggah rencana kajiannya di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang dibatalkan. Pembatalan terjadi karena mendapat penolakan dari Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatn Gunung Anyar, Kota Surabaya.

"Qoddarullah kajian dibatalkan, semoga Allah menjaga kita semua ," ucap Syafiq melalui akun Instagram dikutip di Jakarta, Jumat (23/2/2024). Dia mengunggah surat keberatan dari GP Ansor Gunung Anyar.

Surat yang diteken Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar, M Asyiqun Nahdi tersebut berisi surat keberatan yang ditujukan kepada Yayasan/Takmir Masjid Assalam Purimas Surabaya.

"Sehubungan dengan dilaksanakannya kajian di Masjid Assalam Purimas Surabaya yang mendatangkan Ustad Dr Syafiq Hasan Basalamah pada hari Kami, 22 Februari 2024 pukul 18.00 (ba'da Maghrib sampai Isya) maka kami dari PAC GP Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon Banser Gunung Anyar keberatan atas kehadirannya," begitu surat tersebut dibuat.

Alasan keberatan GP Ansor adalah ceramah Ustadz Syafiq bersifat provokatif dan adu domba. Kedua, ceramah cenderung menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memecah belah kerukukan umat Islam, khususnya di wilayah Kecamatan Gunung Ayar.

"Pada dasarnya kami bukan antipengajian yang diselenggarakan oleh siapa pun, kapan pun, di mana pun sangat dianjurkan, namun, kami sangat keberatan keras atas dakwah Syafiq Riza Hasan Basalamah yang menimbulkan keresahan pada masyarakat kita," demikian surat GP Ansor.

× Image