Home > Pertahanan

Kaskostrad Mayjen Farid Maruf Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto

Sambut HUT ke-63 Kostrad pada 6 Maret 2024, Mayjen Farid Maruf dan jajaran ziarah ke Astana Giri Bangun.
Kaskostrad Mayjen Farid Maruf di makan Jenderal Besar (Purn) H M Soeharto. Sumber:Penkostrad
Kaskostrad Mayjen Farid Maruf di makan Jenderal Besar (Purn) H M Soeharto. Sumber:Penkostrad

JAKARTA -- Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-63 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) pada 6 Maret 2024, Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen Farid Makruf melaksanakan ziarah ke makam Presiden ke-2 RI, Jenderal Besar TNI (Purn) H M Soeharto di Astana Giri Bangun, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (28/2/2024). Farid datang didampingi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Ibu Shally Farid Makruf bersama rombongan.

Acara diawali dengan sambutan dari pihak keluarga almarhum dan dilanjutkan dengan doa bersama. Kemudian, Farid meletakkan karangan bunga, tabur bunga, dan foto bersama. Ziarah merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-63 Kostrad.

Adapun Soeharto adalah panglima Kostrad pertama ketika organisasi tersebut masih bernama Cadangan Umum Angkatan Darat (Caduad). Dalam suasana penuh kebersamaan dan kesederhanaan, Farid dan rombongan mengucapkan rasa terima kasih kepada keluarga almarhum Jenderal Besar TNI (Purn) H M Soeharto yang telah menerima mereka untuk berziarah.

"Ziarah ini adalah wujud penghormatan dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta upaya untuk mewarisi semangat dan keteladanan dari Almarhum Bapak H.M. Soeharto dalam pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia terlebih kepada satuan Kostrad," ujar Farid.

Menurut Farid, acara ziarah dilaksanakan dalam suasana dan nuansa penuh kebersamaan dan kesederhanaan. Hal itu sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Sekaligus sebagai upaya untuk mewarisi semangat juang, mewarisi keteladanan, menghayati tindakan patriotik, sikap kebersamaan dalam kesederhanaan, berani, tulus dan ikhlas dari almarhum Jenderal Besar TNI (Purn) H M Soeharto," kata mantan panglima Kodam V/Brawijaya tersebut.

× Image