Home > Umum

Bukan Paspampres, Kapten Mat Sony Adalah Asisten Ajudan Jokowi

Viral video Kapten Mat Sony Misturi memberi hormat kepada Menhan Prabowo Subianto.
Asisten Ajudan Presiden Jokowi, Kapten Mat Sony Misturi.
Asisten Ajudan Presiden Jokowi, Kapten Mat Sony Misturi.

JAKARTA -- Warganet di media sosial (medsos), khususnya Tiktok dihebohkan dengan seorang staf Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan seragam TNI AD dengan logo Kopassus. Perwira dengan pangkat kapten tersebut memberi hormat kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ketika akan memasuki mobil RI 1.

Hal itu terjadi usai Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo meresmikan proyek inpres jalan daerah di Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, Jumat (8/3/2024). Banyak warganet yang menganggap prajurit tersebut merupakan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ternyata bukan.

Dia adalah Kapten Mat Sony Misturi. Dia bukan anggota Paspampres sebagaimana yang diduga warganet. Mat Sony adalah asisten ajudan Presiden Jokowi. Jika ajudan RI 1 berpangkat kolonel maka asisten ajudan berpangkat kapten.

Tidak main-main. Mat Sony adalah peraih Adhi Makayasa Akademi Militer (Akmil) 2013. Dia juga meraih sangkur perak tanda menjadi yang terbaik dalam pendidikan komando sebelum resmi bergabung di Kopassus.

Sejatinya, Mat Sony adalah pengganti Mayor Teddy Indra Wijaya yang merupkan alumnus Akmil 2011.

Teddy menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi pada 2014 hingga 2019 ketika berpangkat letnan satu (lettu) hingga kapten. Setelah mengikuti pendidikan Ranger di Fort Benning, Amerika Serikat (AS), Teddy kembali ke Indonesia pada medio 2020.

Dia tidak bisa lagi berdinas di lingkaran RI 1. Pasalnya, posisi Teddy sudah diisi juniornya Kapten Mat Sony. Dia pun akhirnya direkrut menjadi ajudan Menhan Prabowo Subianto. Prabowo dalam sebuah kesempatan di acara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan, Presiden Jokowi yang meminta agar ia menjadikan Kapten Teddy sebagai ajudannya.

Prabowo pun menerimanya. Setelah itu, Teddy mendapat kenaikan pangkat mayor pada akhir 2023. Setelah ikut mengawal Prabowo kampanye, Teddy pun viral di berbagai kanal medsos.

Pun dengan Kapten Mat Sony yang sering mendapat sorotan. Hal itu karena ia selalu berada di dekat Presiden Jokowi. Dia selalu mendampingi, dan kadang tertangkap kamera menyediakan segala kebutuhan Presiden Jokowi ketika bertemu rakyat.

Begitulah sekelumit profil Kapten Mat Sony, yang merupakan penerus Mayor Teddy sebagai asisten ajudan Presiden Jokowi.

× Image