Home > Nasional

Lima Caleg DPR Peraih Suara Terbanyak Pileg 2024, Satunya dari Luar Jawa

Nama Said Abdullah, Dedi Mulyadi, hingga Ibas menjadi caleg DPR RI peraih suara terbanyak.
Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat.
Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat.

JAKARTA -- Rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil final suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Untuk Pileg 2024, hasilnya terdapat lima calon anggota legislatif (caleg) yang meraih suara terbanyak. Mereka akan menjadi penghuni Senayan periode 2024-2029.

Di daftar teratas adalah caleg PDIP dari Dapil Jawa Timur (Jatim) XI, Said Abdullah yang mengumpulkan 528.815 suara. Said menjabat ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI periode 2019-2024, yang videonya pernah viral karena merokok saat naik jet pribadi.

Posisi kedua dihuni oleh caleg PPP Achmad Baidowi dengan 359.189 suara. Baidowi yang merupakan mantan wartawan berasal dari dapil yang sama dengan Said, yaitu Pulau Madura, Jawa Timur.

Urutan ketiga diduduki caleg dari Partai Gerindra Dedi Mulyadi dengan torehan 355.710 suara. Eks politikus Partai Golkar ini maju dari Dapil Jawa Barat VII, yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Surakarta. Dedi menjadi caleg peraih suara terbanyak di internal Gerindra.

Adapun posisi keempat dan kelima dihuni duo Partai Demokrat. Keduanya adalah Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dengan 318.223 suara dan Hillary Brigitta Lasut dengan 310.780 suara. Khusus untuk Ibas, ia menjadi langganan peraih suara terbanyak sejak 2009.

Adapun bagi Hillary, ia menjadi satu-satunya caleg peraih suara terbanyak dari luar Jawa. Hillary yang pernah menyandang status anggota DPR termuda periode 2019-2024 kala masih menjadi kader Partai Nasdem maju dari Dapil Sulawesi Utara.

× Image