Home > Nasional

Dari 10 Caleg Lolos ke Senayan dari Dapil Jatim I, Enam Orang Perempuan

Uniknya caleg yang meraih kursi DPR RI dari Dapil Surabaya dan Sidoarjo didominasi kalangan perempuan.
Daftar 10 caleg lolos DPR RI dari Dapil Jawa Timur I.
Daftar 10 caleg lolos DPR RI dari Dapil Jawa Timur I.

JAKARTA -- Sebanyak 10 calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur (Dapil Jatim) I sudah dinyatakan lolos. Mereka berasal dari dua dari Partai Gerindra dan PDIP, serta partai lainnya mengirimkan satu kadernya ke Senayan.

Dapil Jatim I yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo yang terdiri 13.667 tempat pemungutan suara (TPS). Uniknya, dari 10 caleg yang meraih kursi DPR RI, sebanyak enam orang berstatus perempuan. Di posisi pertama diduduki caleg Gerindra Bambang Haryo Soekartono yang mengumpulkan 190.741 suara, disusul Puti Guntur Soekarno (PDIP) 108.181 suara, dan Arzeti Bilbina Setyawan (PKB) 62.790 suara.

Posisi keempat dihuni pendatang baru crazy rich Surabaya, Arizal Tom Liwafa (PAN) 69.195 suara. Dia meraih suara teratas dengan mengalahkan pejawat (incumbent) Sungkono. Caleg Golkar Adies Kadir lolos untuk kedua kalinya dengan meraih 147.185 suara, diikuti istri eks Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin, Lita Machfud Arifin (Nasdem) 68.456 suara.

Posisi ketujuh dihuni pentolan Dewan 19, Dhani Ahmad Prasetyo yang maju sebagai caleg dari Gerindra dengan 134.227 suara. Adapun posisi kedelapan hingga ke-10 dihuni caleg perempuan. Mereka adalah Reni Astuti (PKS) dengan 50.057 suara, Indah Kurnia (PDIP) 61.705 suara, dan Lucy Kurniasari (Demokrat) 48.227 suara.

Di dapil ini, PDIP kehilangan satu suara setelah eks wali kota Surabaya Bambang DH tidak lolos. Satu kursi itu berpindah ke Gerindra yang pada Pemilu 2019, hanya mengirimkan satu kadernya ke Senayan.

Adapun caleg Bambang Haryo Soekartono mengaku bersyukur dengan hasil tersebut. "Alhamdulillah BHS bersama Partai Gerindra sebagai juara Dapil Jawa Timur I. Terima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat Surabaya dan Sidoarjo," ujarnya dikutip di Jakarta, Ahad (17/3/2024).

× Image