Home > Nasional

Bertemu Dubes Hungaria dan Yordania, Prabowo Ingin Tingkatkan Industri Pertahanan

Indonesia berharap dapat menjalin kerja sama pertahanan yang lebih kuat dengan Hungaria, terutama dalam hal transfer teknologi.
Menhan Prabowo Subianto bersama Dubes Hungaria untuk Indonesia, Lilla Karsay.
Menhan Prabowo Subianto bersama Dubes Hungaria untuk Indonesia, Lilla Karsay.

,JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Hungaria untuk Indonesia, Lilla Karsay kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Menhan Prabowo menyambut hangat dan mengapresiasi DubesLilla Karsay, yang telah meluangkan waktu berkunjung ke Kemenhan. Kedua negara sepakat untuk lebih meningkatkan kerja sama bidang pertahanan.

"Indonesia berharap dapat menjalin kerja sama pertahanan yang lebih kuat dengan Hungaria, terutama dalam hal transfer teknologi. Terlebih, Indonesia tengah berupaya mengembangkan industri pertahanan nasional untuk memenuhi kebutuhan alutsista," kata Prabowo dikutip di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Republik Hungaria merupakan negara yang memiliki keunggulan bidang riset dan teknologi sebanding dengan egara Eropa. Sementara Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Hungaria, di antaranya dalam bidang pendidikan, perdagangan dan energi.

Sebelumnya, Menhan Prabowo juga menerima kunjungan kehormatan Dubes Kerajaan Hasyimiyah Yordania untuk Indonesia, Sudqi Al Omoush di kantor Kemenhan, Kamis. Prabowo saat menerima Dubes Yordania menyampaikan, Indonesia berharap kehadiranSudqi Al Omoush dapat meningkatkan hubungan persaudaraan dan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang pertahanan.

"Kami sangat menghargai kemitraan yang ada dan menyadari adanya peluang besar yang saling menguntungkan. Kita dapat menjajaki peluang kolaborasi dalam bidang industri pertahanan, termasuk pengembangan bersama, pengadaan peralatan pertahanan, dan pertukaran pengetahuan," kata Prabowo.

Dalam konteks dinamika geopolitik global, kata dia, Indonesia dan Yordania menjunjung tinggi nilai perdamaian dan kerja sama antarnegara. Indonesia dan Yordania memahami pentingnya memperkuat hubungan bilateral sebagai upaya untuk menciptakan stabilitas regional serta untuk berkontribusi positif dalam menangani tantangan global.

"Indonesia mengakui persahabatan abadi dengan Yordania karena kedua negara tetap berkomitmen untuk memupuk perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah, dan meningkatkan kerja sama bilateral untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama," ujar Prabowo.

× Image