Home > Pertahanan

Mayjen Rui Duarte, Orang Kepercayaan Prabowo Jadi Warek Unhan

Mayjen Rui FGP Duarte juga merangkap jabatan sebagai Plt Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemenhan.
Mayjen Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte (tengah).
Mayjen Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte (tengah).

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi dan mempromosikan 52 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tanggal 22 Maret 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 52 perwira tinggi (pati) TNI terdiri 40 pati TNI AD, 10 pati TNI AL, dan dua pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI Mayjen R Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (24/3/2024).

Di antara posisi yang digeser menimpa orang kepercayaan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dia adalah Mayjen Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte. Rui digeser dari posisi Kepala Satuan Pengawas Universitas Pertahanan (Kasatwas Unhan) menjadi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhan. Rui menggantikan Marsda Ferdik Sukma Wahyudin yang sekarang hanya menjadi dosen tetap Unhan.

Meski seharusnya sudah berdinas di Unhan sejak 2022, uniknya Rui masih menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemenhan. Karena itu, Rui selama ini terus berkantor di Kemenhan, bukan di Unhan yang berlokasi di Sentul, Kabupaten Bogor, untuk mendampingi Prabowo menerima tamu, khususnya duta besar negara sahabat.

Padahal, Karo TU dan Protokol Kemenhan merupakan jabatan untuk bintang satu. Meski sudah digeser dua tahun lalu dan mengemban bintang dua, Rui masih merangkap dua jabatan itu. Adapun Rui diketahui merupakan anak didik Prabowo yang berasal dari Timor Timur, kini Timor Leste.

Kemudian, mutasi juga menimpa Mayjen Choirul Anam dari Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad menjadi Inspektur Kostrad. Posisinya akan digantikan Brigjen Bangun Nawoko yang mendapatkan promosi dari sebelumnya menjabay Wakil Asisten Operasi KSAD Bidang Rencana Operasi.

Brigjen Rudy Syamsir mendapatkan promosi dari Asisten Deputi Koordinasi HAM Kemenko Polhukam menjadi Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam dan Brigjen Hamim Tohari digeser dari Perwira Staf Ahli Tingkat II KSAD Bidang Lingkungan Hidup menjadi Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangkostrad.

Mutasi juga menimpa Laksda Yoos Suryono Hadi dari Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) menjadi Panglima Komandor Armada (Pangkoarmada) I. Laksma Fauzi pun mendapatkan promosi dari Wadan Seskoal menjadi Danseskoal.

× Image