Home > Nasional

China, Negara Pertama yang Dikunjungi Presiden Terpilih Prabowo

Prabowo Subianto akan memenuhi undangan Presiden China Xi Jinping pada 31 Maret hingga 2 April 2024.
Presiden terpilih RI sekaligus Menhan Prabowo Subianto.
Presiden terpilih RI sekaligus Menhan Prabowo Subianto.

JAKARTA -- Presiden terpilih RI sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto akan memenuhi undangan Presiden China Xi Jinping pada 31 Maret hingga 2 April 2024. Kabar itu dibenarkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China hua Chunying pada Jumat (29/3/2024).

Dilaporkan Xinhua, dengan begitu, China adalah negara pertama yang dikunjungi Prabowo selepas diumumkan KPU RI sebagai pemenang Pemilu 2024. Hanya saja, belum dipastikan, kapasitas Prabowo mengunjungi negeri Tirai Bambu apakah sebagai menhan dan ketua umum DPP Partai Gerindra atau presiden terpilih RI.

Pasalnya, Prabowo baru dilantik pada 20 Oktober 2024. Dia akan menjadi presiden ke-8 RI menggantikan Joko Widodo (Jokowi) yang memerintah periode 2014-2024. Sehingga, statusnya sekarang adalah menhan dan ketua umum Partai gerindra.

Sebelumnya, dalam sebuah acara di Jakarta, Prabowo secara terus terang memuji China yang berhasil mengentaskan satu miliar rakyatnya dari masalah kemiskinan. Dia pun ingin belajar dari China bagaimana cara mengatasi kemiskinan agar bisa dipraktikkan di Indonesia. Tentu saja, caranya tidak sama persis, namun Prabowo secara terus terang ingin belajar dari negeri Panda tersebut.

× Image