Home > Pertahanan

Presiden Jokowi Resmi Tunjuk Marsdya Mohamad Tonny Harjono Jadi KSAU

Marsdya M Tonny Harjono akan menjabat KSAU menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo.
KSAU ke-24 Marsdya Mohamad Tonny Harjono Sumber: Seputar Militer
KSAU ke-24 Marsdya Mohamad Tonny Harjono Sumber: Seputar Militer

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menunjuk Pangkogabwilhan II Marsdya Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ke-24 menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo. Fadjar akan memasuki masa purnatugas pada 9 April 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana membenarkan jika Marsdya Tonny sebagai calon KSAU berikutnya. Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani 25 Maret 2024.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Ari dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Menurut Ari, keppres tersebut mulai berlaku sejak saat pelantikan yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Tonny merupakan mantan ajudan Presiden Jokowi dan sekretaris militer presiden (sesmilpres). Dia juga dikenal sebagai penerbang pesawat F-16 dan Sukhoi.

× Image