Home > Pertahanan

Panglima TNI Promosikan Marsda M Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda Khairil mengisi pos yang ditinggalkan Marsekal Mohamad Tonny Harjono, yang dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAU.
Marsda M Khairil Lubis promosi dari Asintel KSAU menjadi Pangkogabwilhan II.
Marsda M Khairil Lubis promosi dari Asintel KSAU menjadi Pangkogabwilhan II.

JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/401/IV/2024 tanggal 5 April 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 42 pati TNI terdiri 31 pati TNI AD, dua pati TNI AL, dan sembilan pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI Mayjen R Nugraha Gumilar dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Di antara yang mendapat promosi adalah Marsda M Khairil Lubis dari Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Udara (Aslog KSAU) menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II. Khairul Lubis mengisi pos yang ditinggalkan Marsekal Mohamad Tonny Harjono yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi KSAU. Di posisi barunya, Khairil Lubis akan mendapatkan tambahan satu bintang atau marsekal madya (marsdya).

Adapun Marsda TBH Age Wiraksono digeser dari Asisten Intelijen (Asintel) KSAU menjadi Aslog KSAU. Marsda Benedictus Benny K dimutasi dari Kepala Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Kapuslaiklambangjaau) menjadi Asintel KSAU. Sedangkan Marsma Danet Hendriyanto promosi dari Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan (Kadisminpersau) menjadi Kapuslaiklambangjaau. Danet akan menyandang bintang dua alias marsda di jabatan barunya.

Selain itu, Panglima TNI juga menggeser Brigjen Agus Widodo dari Komandan Korem (Danrem) 174/Anim Ti Waninggap (Merauke) menjadi Wakil Asisten Operasi KSAD Bidang Persiapan Operasi. Adapun Kolonel Inf Wempi Ramandei dipromosikan menjadi Danrem 174/Anim Ti Waninggap. Pangkat Wempi pun akan berubah menjadi brigen atau bintang satu.

Brigjen Budi Hariswanto juga mendapatkan promosi dari Dosen Ahli Bidang Strategi Sesko TNI menjadi Kepala Pusat Zeni Angkatan Darat (Kapusziad). Budi Hariswanto akan mendapat kenaikan satu bintang di jabatan barunya.

× Image