Home > Pertahanan

Eks Ajudan Prabowo Promosi Jabat Kepala Bainkomhan Kemenhan

Brigjen Robi Herbawan akan menyandang bintang dua di jabatan barunya.
Brigjen Robi Herbawan promosi menjadi Kepala Bainkomhan Kemenhan.
Brigjen Robi Herbawan promosi menjadi Kepala Bainkomhan Kemenhan.

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sudah melakukan mutasi dan promosi dua kali pada April 2024. Pertama, rotasi berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/382/IV/2024 tanggal 1 April 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 215 pati (perwira tinggi) TNI terdiri dari 113 pati TNI AD, 53 pati TNI AL, dan 49 pati TNI AU," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) NI Mayjen R Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Kemudian, rotasi merujuk Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/401/IV/2024 tanggal 5 April 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. "Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 42 pati TNI terdiri dari 31 pati TNI AD, dua pati TNI AL, dan sembilan pati TNI AU," ucap Nugraha.

Dalam mutasi pertama, salah satu yang mendapat promosi adalah Brigjen Robi Herbawan. Abiturien Akmil 1994 ini diangkat menjadi Kepala Badan Informasi dan Komunikasi Pertahanan (Bainkomhan) Kemenhan menggantikan Mayjen Yudi Abrimantyo.

Dengan begitu, Brigjen Robi akan mendapat kenaikan satu bintang di posisi barunya. Adapun Robi merupakan mantan ajudan Menhan Prabowo Subianto kala menjabat Danjen Kopassus pada 1996-1998. Ketika kolonel, Robi pernah menjabat Komandan Satgas Badan Intelijen Strategis TNI Wilayah Aceh.

Bainkomhan merupakan lembaga baru yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 94 Tahun 2022. Nomenklatur sebelumnya adalah Badan Instalasi Strategis Pertahanan (Bainstrahan).

Selain itu, Brigjen Ujang Darwis dari Perwira Staf Ahli Tingkat II KSAD Bidang Pengawasan Afrika dan Timteng dipromosikan menjadi Dirjen Strahan Kemenhan. Ujang mengisi pos yang ditinggalkan Mayjen Bambang Trisnohadi, yang sudah dilantik menjadi Pangdam IX/Udayana. Dengan begitu, Ujang akan menyandang bintang dua di jabatan barunya.

Kemudian, Brigjen Ariyo Windutomo dari Kepala Biro Umum Setjen Kemenhan promosi menjadi Kepala Satuan Pengawas Universitas Pertahanan (Kasatwas Unhan). Ariyo akan menyandang pangkat mayjen di posisi barunya. Sedangkan Mayjen Totok Imam Santoso dari Direktur Pascasarjana Unhan digeser menjadi dosen tetap Unhan.

Sementara itu, dalam mutasi terbaru, Brigjen Munif Prasojo dari dosen tetap Unhan digeser menjadi Staf Khusus KSAD. Sedangkan Brigjen Hery Ismailliya dari Direktur Umum Pusbekangad menjadi dosen tetap Unhan, serta Brigjen Atjep Mihardja Soma dari Direktur Kecabangan Pusbekangad menjadi Direktur Umum Pusbekangad.

× Image