Home > Pertahanan

Hadiah Unik Bilah Pesawat dari KSAU ke-24 untuk KSAU ke-23

Baling-baling yang diterima Marsekal Fadjar bergambar tujuh pesawat yang pernah diterbangkannya.
Hadiah KSAU ke-24 Marsekal Mohamed Tonny Harjono untuk Marsekal Fadjar Prasetyo. Sumber: @ben_drian
Hadiah KSAU ke-24 Marsekal Mohamed Tonny Harjono untuk Marsekal Fadjar Prasetyo. Sumber: @ben_drian

JAKARTA -- Ada momen unik dalam rangkaian pisah sambut Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Gedung Puri Ardya Garini, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024). Acara tersebut dihadiri KSAU ke-23 Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAU ke-24 Marsekal Mohamad Tonny Harjono.

Tonny memberikan kenang-kenangan terbaik kepada pendahulunya tersebut. Hadiah yang diberikan Tonny adalah baling-baling pesawat yang diberi gambar siluet sejumlah pesawat yang pernah diterbangkan Marsekal Fadjar.

"Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima a very unique gift dari KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono berupa blade (baling-baling pesawat) yang di dalamnya terdapat siluet semua pesawat yang pernah diterbangkan Marsekal Fadjar," kata fotografer pribadi KSAU dalam unggahan di akun Instagram @ben_drian dikutip di Jakarta, Kamis (11/4/2024).

Marsekal Fadjar yang pensiun per 9 April 2024, memang berasal dari korps penerbang tempur. Sejumlah pesawat terbang, baik tempur maupun penumpang pernah ia awaki. Marsekal Tonny pun memberi baling-baling pesawat berwarna silver dengan tujuh pesawat berwarna hitam kepada Marsekal Fadjar. "Mulai dari AS-202 Bravo, T-34 Charlie, Hawk Mk-53, A-4 Skyhawk, (Fokker) F28, B707, dan B737," ujarnya.

Akun Instagram resmi TNI AU juga mengunggah foto pemberian hadiah tersebut dalam rangkaian pisah sambut tersebut. Dalam pesannya, Marsekal Tonny menyampaikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI AU yang telah mendukung kegiatan serah terima jabatan (sertijab) KSAU hingga berjalan aman dan lancar.

Dia pun bangga atas dedikasi seluruh prajurit TNI AU yang semakin andal. Tonny juga menyampaikan ucapan selamat memasuki masa purnatugas kepada Marsekal Fadjar. "Dengan harapan, Marsekal tetap memberikan kontribusi positif kepada bangsa dan negara," ujar mantan ajudan Presiden Jokowi tersebut.

× Image