Home > Nasional

Mengenal Ajudan Menteri AHY, Iptu M Imam Fadhil

Baik AHY dan sang ajudan sama-sama lulusan SMA Taruna Nusantara.
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono bersama ajudan Iptu M Imam Fadhil (belakang).
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono bersama ajudan Iptu M Imam Fadhil (belakang).

JAKARTA -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selama ini, selalu didampingi seseorang ke mana pun ia beraktivitas. Hal itu pun mendapat sorotan warganet. Sorotan makin tajam saat Menteri AHY bersama sang istri Annisa Larasati Pohan melakukan halal bihalal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketika AHY memasuki halaman Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024), untuk bertemu RI 1, ia sempat menyapa jurnalis. Di belakang AHY berdiri tegap sosok yang tidak kalah tinggi dengannya, selaku ajudan.

Rekaman video itu pun viral di Tiktok. Warganet bukannya membahas AHY, melainkan penasaran dengan sosok sang ajudan. Ternyata, dia bukan orang sembarangan, melainkan perwira pertama (pama) Polri.

Ajudan AHY tersebut bernama M Imam Fadhil. Sekarang berpangkat inspektur satu (iptu). Imam merupakan alumnus Akpol 2016.

Imam juga menyandang gelar magister di Korean National Police University (KNPU) dalam kajian dunia maya atau cybercrime. Dia sempat bersyukur kala meraih gelar akademik ersebut.

"Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya, bahwa saya memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi pascasarjana di sini. Setelah dua tahun berjuang mencari beasiswa dan universitas di Inggris, Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Jerman. Akhirnya, Allah menunjukkan jalan terbaik bagi saya sekarang," ucap Imam dalam unggahan di akun Instagram.

Adapun kesamaan Imam dan bosnya, yaitu Menteri AHY adalah sama-sama lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang. Jika AHY lulusan angkatan 5 maka Imam jebolan angkatan 20. Adapun AHY merupakan peraih Adhi Makayasa Akademi Militer (Akmil) 2000. Selain itu, keduanya juga memiliki kesamaan fisik postur tinggi dan tegap.

AHY pensiun dari dinas kemiliteran pada 2016 ketika menyandang jabatan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Mekanis 203/Arya Kemuning (AK). Posisi itu seharusnya untuk letkol junior. Namun, AHY sudah menjadi danyon kala berpangkat mayor senior. Dia dijadwalkan mendapatkan kenaikan pangkat letkol pada 2017 atau ketika ia sudah ikut berkampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017.

Setelah Demokrat gagal ketika mendukung Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, AHY pun menduduki jabatan ketua umum Demokrat pada medio Maret 2020. Pada Pilpres 2024, Demokrat gantian ikut memenangkan Prabowo.

Pada 21 Februari 2024, AHY dilantik menjadi Menteri ATR/Kepala BPN oleh Presiden Jokowi. AHY menggantikan Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang dipromosikan sebagai Menko Polhukam. Kini, AHY pun selalu dikawal sang ajudan dari kepolisian kala berdinas sebagai menteri.

× Image