Home > Pertahanan

Jenderal Andika Perkasa Meraih Legion of Merit dari Pemerintah AS

Jenderal Charles A Flynn menyematkan tanda jasa Degree of Commander mewakili pemerintah AS kepada Andika Perkasa.
Jenderal Andika Perkasa bersama Wirang Birawa.
Jenderal Andika Perkasa bersama Wirang Birawa.

JAKARTA -- Panglima TNI periode 2021-2022 Jenderal (Purn) Andika Perkasa mendapatkan penghargaan dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Andika mendapatkan tanda jasa Legion of Merit, khususnya Degree of Commander.

"Ini adalah tanda jasa Legion of Merit ke-2 yang diterima dari Presiden Amerika Serikat saat ini Joe Biden," kata Wirang Birawa melalui akun Instagram dikutip di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Wirang Birawa yang dikenal sebagai master firasat pun mengunggah fotonya berdiri di samping Andika. Terlihat Andika memakai seragam dengan tanda jasa hingga brevet lengkap yang diraih semasa mengabdikan diri di TNI AD pada 1987-2022.

Uniknya, Andika meraih Legion of Merit dari dua presiden AS. Jika sekarang tanda jasa itu diberikan Presiden Joe Biden maka pada 2020, eks KSAD tersebut mendapatkannya dari Presiden Donald Trump.

"Tanda jasa tersebut adalah nomor 2 tertinggi yang diberikan pemerintah AS kepada pejabat asing yang dinilai memiliki jasa dalam meningkatkan hubungan bilateral dengan Amerika Serikat," ucap Wirang menjelaskan.

Uniknya, pemerintah AS mendelegasikan penyerahan tanda jasa melalui Jenderal Charles A Flynn yang sedang berada di Indonesia. Commanding General United States Army Pacific (USARPAC) tersebut sebelumnya bertemu KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak ketika pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia.

"Tanda jasa tersebut disematkan langsung oleh Jenderal Charles A Flynn bertindak mewakili presiden AS, karena tanda jasa ini berdasarkan keputusan presiden AS. Selamat jenderal atas penghargaan yang luar biasa ini," kata Wirang.

× Image