Home > Pertahanan

Camar Laut Terbang Malam Hari Lakukan Pengintaian di Sidoarjo

Latihan terbang malam sekaligus mengasah kemampuan penerbang menguasai alutsista pesud CN234-220 MPA.
Pesawat udara CN235-220 MP melakukan patroli malam di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Sumber: Dok Puspenerbal
Pesawat udara CN235-220 MP melakukan patroli malam di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Sumber: Dok Puspenerbal

JAKARTA -- Berada di bawah naungan Wing Udara 2 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda, Skuadron Udara 800 melaksanakan latihan rutin terbang malam di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya pada Selasa (30/4/2024) malam WIB. Skuadron berjuluk 'Camar Laut' ini melakukan pengintaian maritim di sepanjang garis pantai Sidoarjo yang berbatasan dengan Surabaya.

Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah mengatakan, latihan tersebut diadakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan penerbang dalam menguasai pesawat udara (pesud). Adapun pesud yang digunakan adalah CN234-220 MPA yang memiliki kemampuan intai maritim.

Dilengkapi dengan forward looking infra-red (FLIR), kata dia, pesud CN235-220 MPA telah melaksanakan berbagai misi operasi militer perang maupun operasi militer selain perang (OMSP). "Dengan adanya latihan terbang malam ini, sekaligus mengasah kemampuan penerbang menguasai alutsista ini," ucap Adam dalam siaran pers Puspenerbal dikutip di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Menurut Adam, pesud dipiloti Kapten Laut (P) Novito dan Lettu Laut (P) Hendry, melakukan penerbangan dengan ketinggian 3.000 kaki. Selama penerbangan, sambung dia, pesud melaksanakan berbagai manuver latihan dan pengoperasian peralatan yang ada di pesawat, sebelum kembali ke Lanudal Juanda.

× Image