Home > Nasional

Kenangan Eks Menhan Mahfud MD terhadap Prof Salim Said

Mahfud berkonsultasi salah satunya dengan Salim Said terkait bidang pertahanan dan militer.
Prof Salim Said dengan karya bukunya.
Prof Salim Said dengan karya bukunya.

JAKARTA -- Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah wafat Prof Salim Said di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5/24) malam WIB. Semoga husnul khatimah. Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Mahfud MD memiliki sekelumit kenangan dengan almarhum.

"Ketika Presiden Gus Dur meminta saya untuk menjadi Menteri Pertahanan, saya bilang kepada Gus Dur bahwa saya tidak punya latar belakang studi dan pengalaman dalam bidang pertahanan, TNI, dan militer," ujar Mahfud melalui akun X dikutip di Jakarta, Ahad (19/5/2024).

Mendapat jawaban seperti itu, Gus Dur membalas dengan membuat lelucon kepada Mahfud. "Memulai dengan gurauan Gus Dur bilang, 'saya juga tidak punya latar belakang dan pengalaman jadi presiden, bisa kok. Belajar saja sebentar kepada Pak Yudhoyono," jawab Gus Dur.

Menurut Mahfud, Pak Yudhoyono adalah panggilan untuk Letjen Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kala itu. Mahfud menyebut, Gus Dur kemudian menyebut beberapa nama yang juga ahli masalah ABRI.

"Nah, setelah dilantik sebagai menhan saya langsung mengundang satu-persatu ke rumah beberapa ahli seperti Sayidiman Suryohadiprojo, Salim Said, dan Hasnan Habib untuk memberi kuliah singkat kepada saya. Sejak itu saya menjadi bersahabat dan sering terlibat dalam berbagai forum dengan Salim Said," ucap Mahfud yang merupakan orang sipil pertama yang menjabat menhan.

Sejak saat itu, ia bersahabat dengan almarhum yang dulunya merupakan wartawan peliput G30S/PKI. "Saya sering diundang untuk ikut membahas atau memimpin doa dalam peluncuran buku-bukunya yang baru. Selamat jalan, Bung Salim Said," ucap Mahfud.

× Image