Home > Pertahanan

Sesepuh Bintang 4 dan 3 Yonif 330 Reuni di Cicalengka

Yonif 330/Tri Dharma banyak mencetak perwira yang pada akhirnya menggapai pucuk pimpinan TNI AD.
Sesepuh Yonif 330/Tri Dharma.
Sesepuh Yonif 330/Tri Dharma.

BANDUNG -- Batalyon Infanteri (Yonif) 330/Tri Dharma menggelar syukuran dalam peringatan hari jadi ke-72 tahun pada 2024. Ada yang unik dalam momen perayaan tersebut. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah satuan berdiri, digelar acara bertajuk 'Super Riung Mungpulung' yang dihadiri mantan Danyonif 330 dan para sesepuh yang diadakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (11/5/24).

Ternyata, Yonif 330/Tri Dharma banyak mencetak perwira yang pada akhirnya menggapai pucuk pimpinan TNI AD. Terlihat tamu spesial yang hadir adalah KSAD periode 2007-2009 Jenderal (Purn) Agustadi Sasongko Purnomo. Dia pernah menjabat sebagai Perwira Seksi (Pasi) 2/Ops Yonif Linud 330.

Berikutnya Danyon ke-18 Letjen (Purn) Djamari Chaniago, yang pernah mengemban Pangkostrad, Wakil KSAD, dan Kasum TNI. Mantan Pangkogabwilhan III Letjen (Purn) Agus Rohman yang merintis karier di TNI AD dengan memulai berdinas di Yonif 333 sejak menjadi komandan peleton hingga kompi.

Danyon ke-30 Letjen (Purn) Mohamad Sabrar Fadhilah yang pensiun sebagai Wagub Lemhannas. Acara tersebut dihadiri Wakil KSAD Letjen Tandyo Budi Revita yang merupakan Danyon ke-32. Yonif 330 juga meluluskan komandan paling sukses, yaitu Danyon ke-22 Jenderal (Purn) Djoko Santoso. Namun, mantan KSAD dan Panglima TNI tersebut sudah berpulang.

Danyonif 330 Letkol Inf Dedy Pungky Irawanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang berkenan hadir. Dia senang bisa menjamu para sesepuh untuk hadir di acara yang pertama kali digelar tersebut.

"Kami ucapkan selamat datang di Yonif 330 tercinta. Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami menjadi penyelenggara acara Super Riung Mungpulung. Disebut super karena pada acara ini dihadiri para sesepuh Kujang baik Para Pati, Pamen, Perwira Bintara dan Tamtama dalam jumlah yang tidak sedikit. Semoga ini dapat menjadi wahana penyambung tali silaturahmi karena dengan menyambung silaturahmi, insya Allah memperluas pintu rezeki," ujarnya.

Wakil KSAD Letjen Tandyo ikut memberikan apresiasi atas penyelenggaraan acara syukuran Super Riung Mungpulung. "Sungguh luar biasa, hari ini kita semua dapat berkumpul kembali menyambung tali silahturahmi pada acara riung mungpulung HUT satuan kita tercinta yang ke 72," ujarnya.

Sesepuh Kujang, Letjen (Purn) Djamari Chaniago, berpesan agar seluruh prajurit 330 terus berlatih menempa diri karena latihan adalah kesejahteraan bagi prajurit. "Hormat dan bangga kami kepada Danyonif 330 beserta seluruh prajurit. Kami para sesepuh selalu monitor kiprah pengabdian yang kalian berikan untuk kejayaan NKRI, baik saat penugasan maupun di-homebase," ucapnya.

× Image