Home > Nasional

Kapolda Jateng dan Danrem Pamungkas Itu Bersaudara Lho!

Irjen Ahmad Luthfi dan Brigjen Zainul Bahar memiliki adik, yaitu AKBP M Sinwan yang bertugas di Polda Jatim.
Tiga kakak beradik yang menjadi polisi dan tentara berpangkat irjen, brigjen, dan AKBP.
Tiga kakak beradik yang menjadi polisi dan tentara berpangkat irjen, brigjen, dan AKBP.

JAKARTA -- Publik jarang mengetahui jika ada ada kakak dan adik saat ini menduduki posisi puncak di kepolisian Jawa Tengah (Jateng) dan TNI AD di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Keduanya adalah Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dan Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen Zainul Bahar.

Jika Lutfhi merupakan lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) 1989 maka Bahar abiturien Akademi Militer (1995). Luthfi menjabat sebagai Kapolda Jateng sejak 1 Mei 2020. Dia akan pensiun pada November 2024, ketika memasuki usia 58 tahun.

Adapun Bahar menjadi Danrem Pamungkas mulai 2023. Ketika berpangkat kolonel, Bahar bertugas di beberapa satuan, mulai Kodam IV/Diponegoro, Kodam Jaya, hingga Kodam XVIII/Cenderawasih.

Selain itu, Luthfi dan Bahar memiliki adik, yaitu AKBP M Sinwan. Saat ini, Sinwan menjabat sebagai Kasubid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Jawa Timur (Jatim).

Foto ketiganya bersama sang Hj Musarofah sempat viral di Tiktok. Keempat orang itu foto berpose duduk dengan dua polisi mendampingi di sisi kanan dan kiri, sedangkan anaknya yang tentara di tengah duduk di lantai.

× Image