Home > Pertahanan

Prabowo Jamu Mantan PM Turkiye Bahas Kerja Sama Pertahanan

Menhan Prabowo menghadiahi Binali Yildirim berupa keris.
Menhan Prabowo menjamu Perdana Menteri Turkiye periode 2016-2018 Binali Yildirim.
Menhan Prabowo menjamu Perdana Menteri Turkiye periode 2016-2018 Binali Yildirim.

JAKARTA -- Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Turkiye periode 2016-2018 Binali Yildirim di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024). Binali yang didampingi Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Prof Talip Küçükcan tiba di Kemenhan sekitar pukul 14.20 WIB.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M Herindra menyambut kedatangan sang tamu. Kemudian, Herindra mendampingi Binali mengikuti rangkaian jajar kehormatan kepada prajurit TNI.

Setelah itu, Menhan Prabowo menyambut dan menyapa Binali di ruang Bhinneka Tunggal Ika Kemenhan. "Apa kabar H E Mr Binali Yildirim. Terima kasih atas kedatangannya ke Kementerian Pertahanan," kata Prabowo sembari menjabat tangan Binali.

"Kabar baik. Terima kasih," ucap Binali membalas sang tuan rumah.

Pertemuan keduanya dilanjutkan dengan diskusi yang berlangsung di ruang kerja Menhan RI. Pertemuan tersebut menandai langkah penting dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki, serta menjadi peluang yang baik antara kedua negara untuk mengembangkan kerja sama, khususnya dalam sektor pertahanan.

"Saya sangat mengapresiasi kedatangan H E Mr Binali Yildirim ke Kementerian Pertahanan untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia," ujar Prabowo.

Dia juga menyampaikan, Indonesia sangat mengapresiasi komitmen kuat Kemenhan Turki dalam mendukung kerja sama industri pertahanan, baik dalam kerangka government to government maupun business to business. Berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan kedua negara dapat saling meningkatkan kemampuan industri pertahanan Indonesia ke depan.

Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Turki diharapkan tidak hanya meningkatkan kapasitas pertahanan nasional, tetapi juga mempererat hubungan diplomatik dan memperkuat posisi kedua negara di kancah internasional. Sebelum pulang, Prabowo menghadiahkan keras kepada Binali. Adapun Binali memberi piring ukuran besar bergambar wajah Prabowo.

× Image