Home > Nasional

Boeing Tawarkan Peluang di Forum Industri Dirgantara Indonesia

Untuk pertama kalinya, Boeing menyelenggarakan acara Forum Industri Dirgantara Indonesia di Kota Bandung.
Country Managing Director Boeing Indonesia, Zaid Alami (kanan). 
Country Managing Director Boeing Indonesia, Zaid Alami (kanan).

BANDUNG -- Boeing Indonesia menjadi tuan rumah bagi lebih dari 100 perwakilan perusahaan, universitas, dan lembaga pemerintahan Indonesia pada Forum Industri Dirgantara Indonesia di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/6/2024). Forum yang pertama kali diadakan tersebut bertujuan mengembangkan peluang bagi industri

Indonesia untuk berkolaborasi dalam rantai pasok industri dirgantara, pelatihan, perawatan dan perbaikan, penelitian, serta penerbangan berkelanjutan. Kegiatan tersebut juga difokuskan pada pentingnya bobot kualitas dan keselamatan di seluruh sektor dirgantara.

"Forum Industri Dirgantara Indonesia dibangun atas dasar komitmen Boeing untuk memperkuat kemampuan dirgantara negara ini," kata Country Managing Director Boeing Indonesia, Zaid Alami di Kota Bandung.

Menurut Zaid, Boeing dan Indonesia memiliki hubungan kuat yang sudah berlangsung hingga 75 tahun. Boeing juga menghubungkan 17 ribu pulau di Indonesia dengan dunia. "Kami akan terus bekerja dengan pemasok dan industri di Indonesia, lembaga pemerintahan, serta universitas untuk menyediakan landasan bagi

pertumbuhan industri jangka panjang yang tangguh, dengan berfokus pada keselamatan dan bobot kualitas," ucap Zaid.

Sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, kata dia, Boeing menyadari pentingnya dirgantara dalam pembangunan ekonomi dan upaya mendorong pertumbuhan industri dirgantara yang berkelanjutan. Boeing dan pemerintah Indonesia telah bekerja sama selama 75 tahun untuk mendukung perkembangan dirgantara dan kemampuan pertahanan di negara ini melalui pelatihan, pengembangan rantai pasok, dan kolaborasi.

"Kini keberadaan Boeing meliputi penerbangan komersial, pertahanan, angkasa, rantai pasok, kemitraan akademisi, dan upaya pengembangan bakat di seluruh industri lokal," ucap Zaid.

Menurut dia, penyuplai Boeing di Indonesia membuat komponen untuk mendukung produksi pesawat terbang komersial. Boeing bertujuan membangun generasi masa depan dengan bibit berbakat di bidang dirgantara di negara ini. Hal itu mencakup cara berinvestasi dalam pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) serta pengembangan keahlian teknis di kalangan dewasa muda di Indonesia melalui inisiatif masyarakat di bidang pendidikan tersebut.

"Sebagai perusahaan dirgantara global terkemuka, Boeing membangun, memproduksi, menyediakan layanan untuk pesawat komersial, produk pertahanan, dan sistem angkasa bagi para pelanggan di lebih dari 150 negara," kata Zaid.

Sebagai pengekspor utama di Amerika Serikat, Boeing mengangkat para pelaku usaha dalam basis penyuplai global ke tingkat yang lebih maju dalam hal kesempatan ekonomi, berkelanjutan, dan dampak masyarakat.

× Image