Home > Pertahanan

Marsdya Andyawan: Kasau Awards 2024 Wujud Apresiasi ke Jurnalis

Para jurnalis jadi kepanjangan tangan TNI AU kepada khalayak umum melalui publikasi berita maupun program TV.
Wakil KSAU Marsdya Andyawan Martono Putra bersama para pemenang Kasau Awards 2024 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jaktim, Rabu (10/7/2024).
Wakil KSAU Marsdya Andyawan Martono Putra bersama para pemenang Kasau Awards 2024 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jaktim, Rabu (10/7/2024).

JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menyelenggarakan Kasau Awards 2024 di Griya Ardhya Garini, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (10/7/24) pagi WIB. Ajang penghargaan bergengsi kepada insan media nasional yang telah berkontribusi positif terhadap TNI AU tersebut sudah berlangsung enam kali.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsdya TNI Andyawan Martono Putra mewakili KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono menyampaikan, Kasau Awards 2024 merupakan wujud penghargaan dan apresiasi kepada jurnalis nasional yang telah berkontribusi aktif dalam bridging the gap antara TNI AU dan masyarakat. Andyawan pun berharap, penyelenggaraan Kasau Awards dapat memotivasi para jurnalis untuk terus berkarya dan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas tentang TNI AU.

"Para jurnalis jadi kepanjangan tangan TNI Angkatan Udara kepada khalayak umum melalui publikasi dalam bentuk berita maupun program TV, baik secara tulisan atau foto jurnalistik di berbagai media cetak elektronik, dan online," ucap Andyawan.

Kasau Awards terbuka untuk seluruh jurnalis di Indonesia, baik dari media cetak, online, maupun elektronik. Para peserta mengirimkan karya terbaiknya dalam bentuk berita dan foto jurnalistik yang mengangkat tema TNI AU yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis). Tahun 2024, Kasau Awards melombakan lima kategori berita, meliputi Berita Isu Strategis, Isu Humanis, Berita Televisi, Feature Televisi dan Foto Jurnalistik

Pada kategori Isu Strategis, penghargaan tertinggi diraih oleh Genta Tenri Mawangi dari Antaranews.com. Juara II diberikan kepada Bachtiarudin Alam dari Merdeka.com, dan juara III diraih oleh Dani Prabowo dari Kompas.com.

Kategori Isu Humanis, Erik Purnama Putra dari Republika.co.id keluar sebagai Juara I. Posisi kedua ditempati oleh Andi Aan Pranata dari Sulses.idntimes.com, sementara juara III direbut Sri Darni dari Rri.co.id.

Adi Gunawan Saputro dari TVRI Sumsel berhasil memenangkan juara I di kategori program News TV. Dono Purwanto dari CNN Indonesia (Palembang) mendapatkan juara II dan Zeki Rahmat dari SCTV meraih juara III.

Dalam kategori program Feature TV, juara I direbut oleh Ni Luh Enik Ermawati dari Kompas TV. Juara II didapatkan oleh Hilario Oscar dari Trans7, dan juara III direngkuh Maro Pakpahan dari MNC TV.

Sedangkan pada kategori foto jurnalistik, Asprilla Dwi Adha dari Antara Foto menyabet juara 1. Mochammad Risyal Hidayat juga dari Antara Foto meraih juara II dan juara III direbut Imam Sukamto dari Tempo. Seluruh pemenang mendapatkan trofi, piagam penghargaan, dan hadiah uang Rp 15 juta untuk juara 1, Rp 10 juta untuk juara II, dan Rp 7,5 juta untuk juara III.

× Image