Home > Pertahanan

Prabowo Ajak Capaja TNI-Polri Tonton Film The East Produksi Belanda

Menhan Prabowo menekankan para capaja yang akan menjadi prajurit untuk mencintai Indonesia.
Menhan RI Prabowo Subianto memberi pembekalan kepada calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri tahun 2024.
Menhan RI Prabowo Subianto memberi pembekalan kepada calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri tahun 2024.

JAKARTA -- Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberi pembekalan kepada calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri tahun 2024 di Gedung Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2024). Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ikut menghadiri acara pembekalan.

Dalam sambutannya, Prabowo menekankan kepada para capaja yang akan mengemban profesi mulia sebagai prajurit untuk mencintai Indonesia. Dia menekankan, para perwira harus menjadi kesatria sejati yang siap membela Tanah Air. Pasalnya, nasib bangsa dan rakyat pada masa depan ada di tangan mereka.

"Kalian sebentar lagi menjadi perwira yang artinya kalian harus menjadi kesatria yang sesungguhnya dengan membela Tanah Air serta nasib bangsa dan rakyat berada di pundakmu, kau diseleksi dan digembleng untuk pada saatnya kau harus membela Tanah Air-mu," ucap Prabowo.

Dia pun menyinggung penelitian dari Universitas Harvard tentang peradaban sebuah bangsa yang mampu bertahan lebih dari 300 tahun memiliki tiga unsur utama. Pertama, tentara yang unggul yang mampu mempertahankan dan melindungi negara. Kedua, intelijen dan polisi yang unggul yang dapat menjaga keamanan dan ketertiban. Ketiga, birokrasi yang unggul yang memastikan pemerintahan berjalan dengan efektif dan efisien.

Menurut Prabowo, ketiga unsur tersebut dianggap penting untuk stabilitas dan keberlanjutan suatu peradaban. Pada kesempatan itu, Prabowo juga berpesan kepada seluruh capaja untuk menonton film De Oost atau The East karya sutradara Belanda berdarah Maluku, Jim Taihuttu yang menceritakan tentang kondisi Indonesia pada masa penjajahan.

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono turut hadir dalam pengarahan tersebut. Kasum TNI, Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU, Gubernur Akpol, Wadanjen Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, Asrenum Panglima TNI, Aspers Panglima TNI, Kapuspen TNI, Wairjen TNI, serta pejabat utama TNI-Polri lainnya ikut hadir di lokasi.

× Image