Home > Ekonomi

Menlu Retno Kunjungi Area Pertambangan PT Vale Indonesia

Retno berkesempatan melihat langsung proses penambangan yang dilakukan oleh PT Vale Indonesia di Sorowako.
Menlu Retno Marsudi mendarat di Bandara Andalan Datu Patimang, Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Lutim, Sabtu (20/7/2024).
Menlu Retno Marsudi mendarat di Bandara Andalan Datu Patimang, Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Lutim, Sabtu (20/7/2024).

LUWU TIMUR -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi melakukan kunjungan kerja ke perusahaan tambang PT Vale Indonesia di Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (20/7/2024). Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan antara pemerintah dan sektor swasta dalam rangka mendukung pengembangan industri pertambangan yang berkelanjutan di wilayah tersebut.

Menlu Retno yang didampingi Sekjen Kemenlu RI Cecep Herawan, dan Duta Besar Indonesia untuk Australia Siswo Pramono disambut CEO PT Vale Indonesia Febriany Eddy beserta jajaran saat mendarat di Bandara Andalan Datu Patimang, Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Lutim. Bupati Lutim H Budiman dan Kapolres Lutim AKBP Zulkarnain turut menyambut kedatangan Menlu Retno.,

Dalam kunjungannya, Retno berkesempatan melihat langsung proses penambangan yang dilakukan oleh PT Vale Indonesia. Dia juga mengunjungi Dam Balambano dan nursery PT Vale Indonesia, dan diakhiri penanaman bibit pohon di lahan bekas pertambangan.

Retno sempat berdialog dengan para pekerja tambang dan bertukar pendapat mengenai upaya peningkatan kesejahteraan pekerja dan perlindungan lingkungan. Selain itu, Retno juga berdiskusi dengan para eksekutif Vale Indonesia tentang isu terkait keberlanjutan lingkungan, tata kelola yang baik, serta kontribusi perusahaan dalam pembangunan sosial ekonomi masyarakat setempat.

Bupati Luwu Timur, H Budiman menjelaskan, kunjungan kerja Menlu Retno diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam upaya mencapai pembangunan yang berkelanjutan di sektor pertambangan. Kunjungan tersebut diakhiri Retno dengan menikmati indahnya Danau Matano di Matano Youth Club sambil menikmati kuliner.

"Semoga kerja sama yang terjalin dalam kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan mendukung terwujudnya industri pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan di Luwu Timur," ucap Budiman.

× Image