Home > Pertahanan

Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo Resmi Jabat Kapendam Tanjungpura

Pangdam Tanjungpura memimpin sertijab Kapendam dari Kolonel Inf Ade Rizal Muharram kepada Kolonel Fajar Catur.
Pangdam Tanjungpura Mayjen Iwan Setiawan menyalami Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo yang diangkat sebagai Kapendam Tanjungpura.
Pangdam Tanjungpura Mayjen Iwan Setiawan menyalami Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo yang diangkat sebagai Kapendam Tanjungpura.

KUBU RAYA -- Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura (Tpr) Mayjen Iwan Setiawan memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr dari Kolonel Inf Ade Rizal Muharram kepada Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo. Acara berlangsung di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu.

Kolonel Arm Fajar Catur merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 2000. Dia sebelumnya menjadi dosen Madya Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad). Sementara Kolonel Inf Ade Rizal akan bertugas sebagai Kasiter Kasrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY).

Pangdam Mayjen Iwan Setiawan mengatakan, pergantian pejabat merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi dan proses regenerasi kepemimpinan. Pelaksanaan sertijab merupakan suatu mekanisme dalam organsiasi TNI.

"Bahkan sudah menjadi tuntutan dinas karena hal tersebut memiliki makna penting dan strategis, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas satuan sehingga lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas pokoknya," kata mantan Danjen Kopassus tersebut.

Iwan menyampaikan, pergantian jabatan tersebut bukan hanya sebagai prosesi pergantian personel semata. Tetapi, sambung dia, juga lebih bermakna substansial, yaitu suatu proses berkesinambungan, pembinaan personel dan pembinaan satuan.

"Untuk itu, serah terima jabatan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan profesionalitas dan produktivitas para Perwira dalam membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien serta berguna bagi kemajuan yang ada di tubuh TNI AD," ucap Iwan.

Selain Kapendam, juga dilaksanakan sertijab Kakudam XII/Tanjungpura dari pejabat lama Kolonel Cku Edhi Purwanto kepada pejabat baru Letkol Cku Imran Khahar yang sebelumnya menjabat Pabandya-1/Minlakgar Spaban V/Lakgar Srenad. Untuk Kolonel Cku Edhi Purwanto akan mengemban jabatan baru sebagai Kakudam IV/Diponegoro.

× Image