Home > Pertahanan

Konsul RI di Tawau Terima Kunjungan Danrem Maharajalila

Brigjen Adek akan mengadakan pertemuan Unit Commander Meeting (UCM) dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Tawau pada 23-26 Juli 2024.
Konsul RI di Tawau Aris Heru Utomo bersama Danrem 092/Maharajalila (Mrl) Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan.
Konsul RI di Tawau Aris Heru Utomo bersama Danrem 092/Maharajalila (Mrl) Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan.

TAWAU -- Konsul RI di Tawau Aris Heru Utomo menerima kunjungan Danrem 092/Maharajalila (Mrl) Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan dan rombongan di ruang Nusantara Konsulat RI di Tawau, Sabah, Malaysia, Selasa (23/07/2024). Kunjungan Brigjen Adik untuk melaporkan diri dan berkenalan sehubungan dengan kehadirannya dalam pertemuan Unit Commander Meeting (UCM) dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Tawau pada 23-26 Juli 2024.

UCM adalah pertemuan yang rutin diselenggarakan setahun dua kali dengan tuan rumah bergantian antara TNI dan TDM. Untuk pertemuan Juli ini, yang menjadi tuan rumah adalah TDM. Adapun pada Oktober 2024, bergantian yang menjadi tuan rumah adalah TNI di Bulungan, Kalimantan Utara.

Konsul RI Aris menyambut baik kegiatan bersama yang dilakukan TNI dan TDM sebagai bagian untuk memperkuat kerjasama pertahanan di kawasan perbatasan, antara lain melalui patroli bersama di perbatasan. Aris menyebut, kegiatan tersebut sejalan dengan salah satu prioritas diplomasi Indonesia yaitu menjaga kedaulatan negara dan perlindungan kepada WNI.

Melalui kegiatan bersama di perbatasan, sambung dia, TNI dapat ikut membantu memastikan batas wilayah Indonesia tidak berubah atau bergeser. Pada saat bersamaan, menurut Aris, TNI dapat membantu aparat keamanan mencegah keluar masuknya WNI ataupun warga negara Malaysia dan asing lainnya melalui jalur tidak resmi.

× Image