Home > Pertahanan

KRI BAC-593 Angkut Pasukan HUT ke-79 RI IKN Menuju Balikpapan

KRI BAC-593 juga memberangkatkan sejumlah kendaraan dari tiga matra dan Polri berjumlah 30 lebih unit.
Pasukan TNI tiga matra dan Polri diangkut KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC-593) menuju IKN.
Pasukan TNI tiga matra dan Polri diangkut KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC-593) menuju IKN.

JAKARTA -- KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC-593) yang merupakan unsur Satlinlamil I Jakarta di bawah jajaran Kolinlamil mendapat kepercayaan sebagai sarana angkutan laut guna mendukung embarkasi pasukan dan material yang akan melaksanakan upacara peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Semua pasukan itu diberangkatkan dari Dermaga JICT I Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Senin (5/8/2024).

Pasukan direncanakan tiba di Pelabuhan Umum Semayang, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis (8/8/2024). KRI Banda Aceh-593 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Sulthon Maula Firdaus mengangkut beberapa pasukan yang berasal dari satuan musik tiga matra, yakni Satuan Musik (Satsik) TNI AD 25 orang, Satsik TNI AU enam orang, dan Satsik TNI AL beserta prajurit dari Korps Marinir TNI AL sebanyak 99 orang.

Kemudian, ada juga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) 36 orang, prajurit yang berdinas di Sekretariat Presiden (Setpres) empat orang, dan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II satu orang. Sementara dari rombongan taruna, terdiri taruna Akademi Militer (Akmil) 25 orang, Akademi Angkatan Laut (AAL) 25 orang, Akademi Angkatan Udara (AAU( 25 orang, serta taruna Akademi Kepolisian (Akpol) 25 orang.

KRI BAC-593 juga memberangkatkan sejumlah kendaraan dari tiga matra dan Polri berjumlah 30 lebih unit. Mereka terdiri atas bus dan truk, serta mobil dinas tipe SUV, dan sepeda motor.

× Image