Home > Pertahanan

Panglima TNI Bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Arab Saudi Bahas Gaza

Pemerintah Indonesia dan TNI berkomitmen membantu rakyat Palestina yang tengah mengalami krisis.
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Arab Saudi Marsekal Fayyadh Bin Hamed Al Ruwaili. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto beserta delegasi melanjutkan lawatan ke Timur Tengah dengan mengunjungi Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Arab Saudi Marsekal Fayyadh Bin Hamed Al Ruwaili di Markas Besar Angkatan Bersenjata Arab Saudi, Riyadh, Ahad (4/8/2024). Dalam pertemuannya dengan Marsekal Fayyadh, Jenderal Agus berharap kerja sama militer antara TNI dan militer Kerajaan Arab Saudi terus meningkat.

Hal itu guna merespons perkembangan lingkungan strategis yang senantiasa dinamis dan menghadirkan tantangan baru di bidang militer dan pertahanan kedua negara. Agus pun mengutarakan keprihatinannya terhadap konflik yang terjadi di Gaza, Palestina.

Dia menyampaikan, komitmen Pemerintah Indonesia dan TNI untuk membantu rakyat Palestina yang tengah mengalami krisis dengan mengirimkan tenaga kesehatan dan obat-obatan. "Kami berharap Militer Kerajaan Arab Saudi dapat membantu kelancaran operasi kemanusiaan tersebut dengan memberikan dukungan moril serta peluang kolaborasi dalam pemberian bantuan misi kemanusiaan terhadap Palestina," kata Agus dalam siaran pers.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan Panglima TNI ke luar negeri selain sebagai bentuk peran diplomasi militer pimpinan tertinggi TNI kepada pimpinan militer negara-negara di dunia, juga merupakan upaya dalam menjamin dan melindungi kepentingan nasional di negara sahabat. Sebelumnya, Agus bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Letnan Jenderal Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei di kantor Kemenhan UEA, Abu Dhabi, Jumat (2/8/2024).

× Image