Home > Pertahanan

KRI Bung Tomo-357 Latihan dengan Kapal VPNS 17 Milik Vietnam

Latma Codex 24B/2024 adalah upaya untuk mempererat kerja sama militer antara Indonesia dan Vietnam.
KRI Bung Tomo-357. Sumber: Seputarmiliter.id
KRI Bung Tomo-357. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Prajurit TNI AL yang bertugas di KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) sedang melakukan serangkaian latihan dengan Kapal VPNS 17 milik Vietnam People's Navy (VPN). Latihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan interoperabilitas tersebut masuk tahap fase laut pada Latihan Bersama Coordinated Exercise (Latma Codex) 24B/2024 di Perairan Selatan Laut Vietnam, Sabtu (24/8/2024).

Latma Codex 24B/2024 adalah upaya untuk mempererat kerja sama militer antara Indonesia dan Vietnam melalui berbagai skenario yang menantang dan memerlukan koordinasi tinggi. Adapun rangkaian latihan yang dilaksanakan TNI AL dan VPN, meliputi RV (rendezvous), Comcheck (communication check), Photoex (photography exercise), dan Flashex (flashing exercise).

Masing-masing latihan dirancang untuk menguji dan mengasah kemampuan komunikasi, koordinasi, serta taktik operasional kedua angkatan laut. Hal itu guna memastikan kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Codex 24B/2024 merupakan implementasi dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali kepada seluruh prajurit Jalasena dalam meningkatkan kemampuannya baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Selain itu, juga untuk meningkatkan hubungan diplomasi dengan negara sahabat.

× Image