Home > Pertahanan

Panglima Angkatan Bersenjata UEA Kunjungi KRI RJW-992 Produksi PT PAL

KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 adalah bukti dedikasi PT PAL Indonesia dalam mendukung misi kemanusiaan ke Gaza.
 CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod bersama Panglima Angkatan Bersenjata UEA, Mayjen Saleh Mohammed Bin Majren Alameri di KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 (RJW). Sumber: Seputarmiliter.id
CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod bersama Panglima Angkatan Bersenjata UEA, Mayjen Saleh Mohammed Bin Majren Alameri di KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 (RJW). Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- PT PAL Indonesia menyampaikan apresiasi atas kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA), Mayjen Saleh Mohammed Bin Majren Alameri ke KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 (RJW) pada Selasa (3/9/2024). Kapal yang diproduksi oleh PT PAL tersebut berhasil melaksanakan misi kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan medis dan logistik bagi korban konflik kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina pada Januari 2024.

CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod menyampaikan, kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata UEA ke kapal bantu rumah sakit (BRS) milik TNI AL tersebut merupakan pengakuan atas peran penting pemerintah Indonesia dan PT PAL dalam mendukung misi kemanusiaan di tingkat internasional. "KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 adalah bukti dedikasi PT PAL Indonesia dalam mendukung misi kemanusiaan dan tanggap darurat di seluruh dunia," ucap Kaharudin dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Menurut dia, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dirancang dan dibangun dengan standar tertinggi. "Menggabungkan teknologi mutakhir dengan fasilitas medis yang lengkap, sehingga memungkinkan pelaksanaan operasi penyelamatan dan dukungan medis berskala besar," jelas Kaharuddin.

Panglima Angkatan Bersenjata UEA mengunjungi kapal tersebut yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara. Kaharuddin didampingi CMO PT PAL Willgo Zainar perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kedutaan Besar UEA untuk Indonesia. Kunjungan yang dilakukan Mayjen Saleh merupakan bagian dari rangkaian agenda kenegaraan di Indonesia.

Kaharuddin memastikan, kunjungan ke KRI RJW-992, selain mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan UEA, juga membuka peluang kolaborasi dalam misi kemanusiaan pada masa depan. Dia menegaskan, PT PAL sangat terbuka untuk mendukung peningkatan misi kemanusiaan bersama UEA melalui berbagai inovasi dan teknologi yang dimiliki.

"Kami berharap kunjungan ini menjadi langkah awal bagi terjalinnya hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, terutama dengan PT PAL Indonesia, serta menjadi inspirasi untuk menghadirkan inovasi yang berdampak positif bagi dunia," ujarnya.

Panglima Angkatan Bersenjata UEA, Mayjen Saleh Mohammed Bin Majren Alameri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI AL yang telah memberikan kesempatan untuk melihat lebih dekat KRI RJW-992. Dia juga mengapresiasi tindakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Indonesia di Palestina. "Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mengirimkan bantuan dengan Kapal Rumah Sakit untuk Palestina," ucapnya.

× Image