Home > Pertahanan

Kapal OPV 90M Resmi Perkuat TNI AL

Pembangunan kapal OPV 90M merupakan bagian integral dari pembangunan sistem pertahanan negara.
Peluncuran kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) 90M milik TNI AL. Sumber: Seputarmiliter.id
Peluncuran kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) 90M milik TNI AL. Sumber: Seputarmiliter.id

BANDAR LAMPUNG -- Staf Ahli Menhan Bidang Politik Mayjen Nugroho Sulistyo memimpin upacara peluncuran (launching) Kapal OPV 90M di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Rabu (18/9/2024). Kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) 90M merupakan produksi PT Daya Radar Utama.

Peluncuran kapal merupakan salah satu milestone yang menandai pertama kalinya kapal berada di air. Sehingga sudah menjadi tradisi angkatan laut (AL) di seluruh dunia untuk mengacarakan kegiatan itu.

Pembangunan kapal OPV 90M itu merupakan wujud kontribusi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri. Pada akhirnya, kegiatan itu bertujuan meningkatkan laju perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Staf Ahli Menhan Bidang Politik Mayjen Nugroho mewakili Kabaranahan Kemhan Marsdya Yusuf Jauhari menyampaikan, pembangunan kapal OPV 90M merupakan bagian integral dari pembangunan sistem pertahanan negara, khususnya kekuatan TNI AL. Dia menyebut, program itu sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ada, yang bertujuan untuk memenuhi jumlah minimal kapal yang bisa dioperasikan guna mendukung pemenuhan tugas TNI AL.

"Atas nama Menteri Pertahanan, saya dan seluruh jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras yang dilakukan PT Daya Radar Utama beserta staf, serta Satuan Tugas Yekda dalam negeri Kapal OPV 90M, sehingga mampu menunjukkan kemampuan yang patut diapresiasi yaitu dengan pembangunan kapal yang sesuai kontrak," ucap Nugroho.

Dia berharap, industri pertahanan dalam negeri, khususnya galangan kapal nasional dapat meningkatkan kemampuan untuk mampu berkompetisi di pasar global melalui peningkatan kapasitas produksi, manajemen, serta teknologi modern sehingga mampu bersaing dengan kompetitor luar negeri. "Saya juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan launching yang berjalan dengan aman dan lancar," ujar Nugroho.

× Image