Home > Pertahanan

KSAL Pimpin Sertijab dan Kenaikan Pangkat Pati TNI AL

Laksamana Ali memimpin sertijab Asisten Personalia KSAL dan Komandan Detasemen Markas Mabesal.
KSAL Laksamana Muhammad Ali menyalami pati yang mendapat kenaikan pangkat. Sumber: Seputarmiliter.id
KSAL Laksamana Muhammad Ali menyalami pati yang mendapat kenaikan pangkat. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) Asisten Personalia (Aspers) KSAL dan Komandan Detasemen Markas (Denma) Mabesal. Ali juga sekaligusmenerima laporan kenaikan pangkat 12 perwira tinggi (pati) TNI AL di Lobby Gedung RE Martadinata, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (30/9/2024).

Jabatan Aspers KSAL diserahterimakan dari Laksda P Rahmad Wahyudi kepada Laksda Rony Saleh yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Pushidrosal. Selanjutnya Laksda P Rahmad Wahyudi memasuki masa purnatugas.

Adapun jabatan Dandenma Mabesal diserahterimakan dari Laksma Arya Delano kepada Kolonel Laut (P) Siswo Widodo yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Lantamal I. Di posisi barunya, Siswo akan mendapat kenaikan pangkat bintang satu. Selanjutnya Laksma Arya Delano menjabat sebagai Komandan Lantamal (Danlantamal) V/Surabaya Koarmada II.

Sementara itu, dalam laporan kenaikan pangkat 12 pati TNI AL, satu pati naik menjadi bintang tiga, dua pati naik menjadi bintang dua, serta sembilan kolonel naik pangkat menjadi bintang satu. Pati bintang dua yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi yaitu Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Rachmad Jayadi.

Pati bintang satu yang melaporkan kenaikan pangkat menjadi bintang dua adalah Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Jahpers Sahli Panglima TNI Laksda Gendut Sugiono dan Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Banusia Panglima TNI Mayjen (Mar) Suherlan. Menurut Ali, regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AL terus berjalan sebagai salah satu bentuk dinamika pembinaan organisasi.

"Jabatan baru dan pangkat baru yang diterima oleh Laksamana merupakan bentuk prestasi, dedikasi, kerja keras dan kemampuan yang dimiliki, dengan harapan akan menjadi kontribusi yang lebih besar kepada organisasi. Saya sangat yakin dengan kapasitas yang dimiliki, Laksamana akan mampu mengemban amanah ini dengan baik," ucap Ali.

Usai acara sertijab dan laporan kenaikan pangkat, Ali melaksanakan pelepasan pati purnabakti. Di antaranya, Laksda Dwika, Laksda P Rahmad Wahyudi, Laksda gregorius Agung WD, Laksda Wahyu Mujiono, Laksmda Achman Santoso, Laksma Basri Mustari, Laksma Dadang, dan Laksma Robertus.

× Image