Home > Nasional

Aksi Heroik Prajurit TNI AL di Baubau Selamatkan Nyawa Pegawai Pelni

Kelasi Satu Bah Hisyam La Ipi langsung loncat ke laut demi menyelamatkan pegawai Pelni yang pingsan.
Kelasi Satu Bah Hisyam La Ipi berhasil menyelamatkan nyawa pegawai Pelni. Sumber: Seputarmiliter.id
Kelasi Satu Bah Hisyam La Ipi berhasil menyelamatkan nyawa pegawai Pelni. Sumber: Seputarmiliter.id

BAUBAU -- Aksi heroik dilakukan oleh prajurit TNI AL yang bertugas di Pos TNI AL (Posal) Baubau. Adalah Kelasi Satu Bah Hisyam La Ipi yang berhasil menyelamatkan nyawa petugas Pelni yang jatuh ke laut setelah sempat pingsan di Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Jumat (4/10/2024).

Peristiwa itu bermula ketika korban ingin membantu mengembalikan dompet salah satu penumpang Kapal Motor (KM) Ngapulu yang tertinggal. Korban pun mencoba membantu mengembalikan dengan cara melemparnya dari dermaga ke KM Ngapulu yang meninggalkan Pelabuhan Baubau. Namun karena badannya tidak seimbang, korban malah jatuh ke laut dan pingsan karena kepalanya terbentur badan kapal.

Melihat insiden tersebut, Kelasi Satu Bah Hisyam yang sedang melaksanakan pengamanan di Pelni langsung terjun ke laut demi menyelamatkan petugas yang jatuh. Dia tanpa pikir panjang berusaha menyelamatkan korban.

Ketika Bah Hisyam La Ipi yang masih menggunakan seragam lengkap berusaha menolong korban, kadet sekolah pelayaran Ardi juga turu melompat ke laut.

Saat berhasil dievakuasi, korban sempat mengeluarkan busa di mulut. Melihat peristiwa tersebut, Danposal Baubau Kapten Mar Catur Suryo memerintahkan Tug Boat Pandu Semar untuk datang membantu dengan melempar live craft dan swimvest untuk menyelamatkan korban.

Selanjutnya korban segera dilarikan ke Rumah Sakit Siloam menggunakan mobil ambulans KKP hingga nyawanya berhasil diselamatkan. Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S pun mengapresiasi jajarannya yang sigap menolong kala bertuga di dermaga. Menurut dia, tindakan Bah Hisyam membuat situasi buruk maupun diinginkan bisa dicegah berkat tindakan cepat yang dilakukan.

Pelaksanaan pertolongan tersebut merupakan implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali yang menekankan, setiap prajurit TNI AL dalam bertugas harus selalu mengedepankan dan membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah.

× Image