Home > Pertahanan

Pangkogabwilhan I Tinjau Lokasi Penginapan Para Tamu Negara

Para tamu VVIP yang menghadiri pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran menginap di The St Regist dan The Langham, Jakarta.
Pangkogabwilhan I Laksdya Rachmad Jayadi. Sumber: Seputarmiliter.id
Pangkogabwilhan I Laksdya Rachmad Jayadi. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Pangkogabwilhan I Laksdya Rachmad Jayadi selaku Panglima Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Pangkogabpadpam) VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI melaksanakan peninjauan tempat bermalam para tamu negara. Di antara lokasi yang dikunjungi adalah hotel The St Regist dan The Langham, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Laksdya Rachmad mengaku ingin memastikan pengamanan VVIP berjalan optimal dengan cara meninjau langsung titik tempat yang akan dilalui para kepala negara dan utusan yang menghadiri pelantikan RI 1 selama di Jakarta. Selain itu, ia juga ingin menjamin pelaksanaan pengamanan VVIP berlangsung aman agar aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

Pemantauan juga dilaksanakan dengan menggunakan fitur teknologi canggih yang terintegrasi antarsatuan tugas dalam kendali Pos Komando Utama (Poskout) Kogabpadpam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Keberadaan Poskout Kogabpadpam menjadi tempat pusat kendali operasi terkait seluruh rangkaian pengamanan VVIP.

Melalui Poskout Kogabpadpam, Rachmad dapat memantau situasi mulai dari kedatangan para tamu negara di Bandara Soekarno-Hatta maupun Halim Perdanakusuma. "Selanjutnya dilakukan pengawalan sampai di hotel tempat menginap," ujarnya.

Kemudian, pergerakan delegasi dari hotel sampai di lokasi kegiatan pelantikan presiden dan wapres RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (20/10/2024), juga dapat terpantau dengan baik. Semuanya termonitor di Poskout dan terhubung dengan personel TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan di lapangan. "Seluruh pergerakan VVIP terawasi semuanya dan terhubung serta dapat melaporkan kegiatan mereka setiap saat dengan Poskout," ucap Rachmad.

× Image