Home > Nasional

Menlu Sugiono Terbang ke Rusia Pakai Pesawat Falcon 8X A-0802 TNI AU

idak seperti menlu sebelumnya yang selalu naik pesawat komersial, perjalanan Sugiono ke Kazan menggunakan jet VIP/VVIP milik TNI AU.
Pesawat Falcon 8X A-0802 milik TNI AU yang dinaiki Menlu Sugiono mendarat di Bandara Kazan, Rusia. Sumber:Seputarmiliter.id
Pesawat Falcon 8X A-0802 milik TNI AU yang dinaiki Menlu Sugiono mendarat di Bandara Kazan, Rusia. Sumber:Seputarmiliter.id

KAZAN -- Ada hal menarik dari video kedatangan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono di Menlu Sugiono tiba di Bandara Internasional Kazan, Rusia pada Selasa (22/10/2024) malam waktu setempat. Sugiono melakukan kunjungan kerja ke negeri Beruang Merah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS pada 22-24 Oktober 2024.

Tidak seperti menlu sebelumnya yang selalu naik pesawat komersial hingga memerlukan waktu perjalanan lebih panjang dan melelahkan, perjalanan Sugiono ke Rusia kali ini berbeda. Orang kepercayaan Presiden Prabowo Subianto tersebut menggunakan pesawat Falcon 8X A-0802 milik TNI AU.

Pesawat produksi Dassault Aviation, Prancis tersebut mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma pada 29 Agustus 2024. Pesawat Falcon 8X A-0802 merupakan salah satu pesawat jet dengan teknologi mutakhir, yang dapat digunakan untuk misi penerbangan jarak jauh. Kehadiran pesawat untuk menunjang mobilitas pimpinan TNI, khususnya Angkatan Udara (AU) tersebut berstatus pesawat angkut VIP/VVIP yang memperkuat Skadron Udara 17.

Dalam rekaman video yang diterima Seputar Militer, Sugiono ketika turun dari pesawat disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares dan seorang lokal. Kedatangan Sugiono juga disambut upacara militer hingga membuatnya berjalan dengan sikap hormat ketika melalui karpet merah di bandara.

× Image