Home > Pertahanan

TNI AU Kirim Helikopter Caracal Bawa Misi Bantu Bencana di Filipina

Asops Kaskoopsudnas melepas keberangkatan kru helikopter H225 M Caracal di apron Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.
Pelepasan keberangkatan kru helikopter H225 M Caracal dalam sebuah upacara militer di apron Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Senin (28/10/2024). Sumber: Seputarmiliter.id
Pelepasan keberangkatan kru helikopter H225 M Caracal dalam sebuah upacara militer di apron Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Senin (28/10/2024). Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Asisten Operasi (Asops) Kaskoopsudnas Marsma David Johan Tamboto mewakili Pangkoopsudnas Marsdya Tedi Rizalihadi S melepas keberangkatan kru helikopter H225 M Caracal dalam sebuah upacara militer di apron Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/10/2024). Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma Juli Heryanto Ginting dan jajaran Lanud Atang Sendjaja lainya ikut hadir dalam pelepasan kru yang ditugaskan membantu bencana di Filipina tersebut.

Asops Panglima TNI Mayjen Gabriel Lema dalam sambutan tertulis yang dibacakan Marsma David Johan mengatakan, tugas keluar negeri merupakan kehormatan besar bagi prajurit TNI, yang dipercaya untuk mewakili bangsa Indonesia di kancah internasional. Menurut dia, dalam misi kali ini, keamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama.

Dia berpesan prajurit yang bertugas mematuhi prosedur keselamatan yang telah ditetapkan, baik selama terbang maupun saat menjalankan tugas di lapangan. "Tugas utama kalian adalah mengevakuasi warga terdampak bencana dan mendistribusikan bantuan logistik, secara tepat waktu dan tepat sasaran, jalankan misi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan empati," ujar David.

Misi prajurit TNI AU dimulai pada 28 Oktober 2024 sampai 10 November 2024. Misi dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 8 Letkol Pnb Adam Hardiman Ali didampingi Mayor Pnb Resque Pambudi, Lettu Pnb Taufiq Firaszakiy, Lettu Pnb Ardy Septiantara YP, Letda Tek Sangkot Adisah Putra, Letda Tek Nasrudin, serta empat anggota.

× Image