Home > Umum

BPIP Minta DPPI Jalankan Amanat Jokowi Bumikan Pancasila di Kalangan Generasi Muda

Para purnapaskibraka merupakan Duta Pancasila yang disiapkan untuk menjadi kader pemimpin Indonesia pada masa depan.

JAKARTA -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengukuhkan Pengurus Pusat Organisasi Duta Pancasila Indonesia yang tergabung dalam organisasi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) di gedung BPIP, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2022). Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021, DPPI adalah organisasi yang mewadahi para purnapaskibraka yang telah ditetapkan sebagai Duta Pancasila. Para purnapaskibraka merupakan Duta Pancasila yang disiapkan untuk menjadi kader pemimpin Indonesia pada masa depan.

Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jenderal (Purn) Try Sutrisno berpesan agar pengurus DPPI dapat menguatkan konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kepada seluruh anggota organisasinya. "Saya menitipkan kepada pengurus agar dapat melaksanakan Pancasila dalam tindakan bersama segenap anggota organisasi di tengah-tengah masyarakat," ujar Try dikutip di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Wakil Presiden RI ke-6 tersebut juga meminta para pengurus DPPI untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya. Sehingga amanat Presiden Jokowi untuk membumikan Pancasila khususnya di kalangan generasi muda dapat terwujud.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang baru dikukuhkan, dan saya senantiasa berdoa kepada Tuhan YME, agar seluruh pengurus senantiasa mendapat lindungan dan dimudahkan dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus DPPI Pusat," kata Try yang merupakan ayah Pangdam III/Siliwangi Mayjen Arief Kunto Wibowo.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi mengamanatkan agar purnapaskibraka selaku Duta Pancasila bisa bekerja dengan sungguh sungguh dan bisa menjadi teladan bagi generasi muda lainnya. Yudian mengukuhkan Pengurus Pusat Organisasi Duta Pancasila berdasarkan Surat Keputusan Kepala BPIP Nomor 18 Tahun 2022.

"Dapat dilaporkan bahwa Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) pada pembentukan Paskibraka 2022 sedang dilaksanakan. Tercatat 34 daerah telah melaksanakan PIP pada tahap rekrutmen yang diikuti 2.700 pelajar," ujar Yudian saat mengukuhkan pengurus pusat DPPI.

× Image