Home > Pertahanan

SBY dan Prabowo, Hingga AHY Adalah Eks Penghuni Paviliun 5 Akmil

Banyak pemimpin dan legenda jenderal yang pernah menjadi penghuni Paviliun 5 Akmil.
Para penghuni Pavilian 5 Akmil. Sumber:Republika.co.id
Para penghuni Pavilian 5 Akmil. Sumber:Republika.co.id

JAKARTA -- Pertemuan Presiden ke-8 RI sekaligus capres Prabowo Subianto di di Museum dan Galeri SBY ANI, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024), menyisakan informasi menarik yang luput dari sorotan wartawan. Hal itu lantaran SBY dan Prabowo sempat menyinggung tentang Paviliun 5 Akademi Militer (Akmil) di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Baik SBY maupun Prabowo sama-sama penghuni Paviliun 5 Akmil. Hanya saja, SBY lulus Akmil 1973 dan Prabowo Akmil 1974. Meski keduanya masuk pendidikan berbarengan pada 1970, namun Prabowo harus tinggal lebih lama setahun, lantaran terkait masalah 'disiplin'.

Banyak pemimpin berpengaruh hingga legenda TNI AD yang pernah menjadi penghuni Paviliun 5 Akmil. Penghuni Paviliun 5 Akmil terdiri empat taruna. Satu angkatan 1973, misalnya, selain SBY, ada Agus Wirahadi Kusuma (eks Pangkostrad), Darjoto, dan Glenny Kairupan. Nama terakhir adalah teman baik Prabowo yang ikut dalam kunjungan ke Pacitan bertemu SBY.

Untuk angkatan 1974, selain Prabowo, ada nama Sjafrie Sjamsoeddin (esk Wakil Menhan), Agustadi Sasongko Purnomo (eks KSAD), dan Bambang Suranto (eks Pangdam V/Brawijaya). Selain itu, ada nama Johanes Suryo Prabowo angkatan 1976 (eks Kasum TNI), Ediwan Prabowo angkatan 1984 (eks Sekjen Kemenhan), Mulyono angkatan 1985 (eks KSAD), serta angkatan 1987 Andika Perkasa (eks Panglima TNI) dan M Herindra (Wamenhan).

Untuk daftar perwira aktif yang menonjol ada Lucky Avianto peraih Adhi Makayasa 1996, dan Rudy Saladin peraih Adhi Makayasa 1997, serta Agus Harimurti Yudhoyono peraih Adhi Makayasa 2000. Pun Alzaki peraih Adhi Makayasa 2004 juga masuk dalam daftar penghuni Paviliun 5 Akmil.

Nama-nama di atas adalah sebagian penghuni paviliun legendaris yang namanya sangat menonjol. Selain menjadi calon pemimpin TNI AD, mereka juga disebut-sebut sebagai calon pemimpin bangsa Indonesia. Yang sudah pasti, Paviliun 5 Akmil sudah menghasilkan dua presiden RI. Satu presiden periode 2004-2014 dan satunya akan memulai pada 20 Oktober 2024.

× Image