Home > Bursa

Daftar Empat Emiten Saham Naik Signifikan pada Ramadhan 1445 Hijriyah

Emiten SSIA hingga MAYA mengalami lonjakan pada perdagangan Maret 2024.
Daftar empat emiten di BEI yang naik selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah.
Daftar empat emiten di BEI yang naik selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah.

JAKARTA -- Bursa saham tetap menggeliat pada bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. Dalam penutupan perdagangan pada Jumat (15/3/2024), sejumlah saham tercatat mengalami kenaikan pada tiga hari perdagangan selama bulan puasa. Jika ditarik selama Maret 2024, terdapat beberapa emiten yang melonjak signifikan.

Dikutip dari RTI Business, terdapat empat saham yang mengalami kenaikan cukup tinggi. Pertama adalah Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) yang memuncaki daftar emiten positif. Perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur ini mampu naik hingga 50 persen. Harga saham pun ditutup di angka Rp 930 setelah naik Rp 80 (9,41 persen) pada penutupan perdagangan Jumat.

Posisi kedua ditempati TINS yang naik sampai 40-an persen, dengan harga transaksi Rp 885. PT Timah Tbk mencatatkan torehan positif hingga Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta penjelasan tentang volatilitas transaksi. "Perseroan tidak mengetahui atau memiliki informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan," begitu jawaban manajemen perusahaan kepada BEI.

Urutan ketiga ditempati DOID dengan kenaikan 26 persen. PT Delta Dunia Makmur Tbk memang ditutup menurun 1,42 persen di angka Rp 418 pada perdagangan Jumat. Namun, perseroan yang bergerak di bidang energi ini, sahamnya sebenarnya mengalami tren positif sejak akhir Februari 2024.

Peringkat keempat dihuni Bank Mayapada Internasional (Tbk). Emiten MAYA sempat mengalami auto reject atas (ARA) pada perdagangan awal Ramadhan. Perusahaan milik taipan Tahir ini, sahamnya mengalami kenaikan 25 persen pada perdangan akhir pekan lalu. Setelah melalui proses right issue di harga Rp 150 pada Januari lalu, MAYA ditutup menguat di harga Rp 278.

× Image