Home > Pertahanan

Prabowo Baret Merah dan SBY Baret Hijau Saat Reuni Akabri 1971-1975

SBY adalah orang satu-satunya yang diberi kesempatan berbicara di acara yang dihadiri purnawirawan TNI-Polri tersebut.
Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Prabowo Subianto.
Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Prabowo Subianto.

JAKARTA -- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengadakan acara silaturahim, halal bihalal, dan syukuran Abiturien Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1971-1975 di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2024) malam WIB. Acara tersebut juga dihadiri Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Uniknya, semua sesepuh TNI yang hadir memakai baret kebanggaan masing-masing. Misalnya, Prabowo yang dibesarkan di Kopassus memakai baret merah. Adapun SBY yang sejak semula merintis karier di Kostrad memakai baret hijau. Pun terlihat ada yang memakai baret Marinir, Kopasgat, polisi militer, Mabes TNI, hingga Polri.

Menhan Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada senior abiturien Akabari 1971-1975 yang telah menggembleng dan memberi nilai-nilai yang terpatri di dalam jiwa, seperti jiwa pengorbanan, jiwa pengabdian serta jiwa Tanah Air. Dia pun berharap, perjuangan sesepuh TNI bisa dilanjutkan generasi saat ini.

"Ing ngarso sung tulodo, jiwa ini akan kita wariskan kepada generasi-generasi muda penerus kita, menaruh harapan dan cita-cita kita dipundak mereka para adik-adik di Akademi Militer," ucap Prabowo dikutip di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Jenderal SBY turut menyampaikan pesan dan kesan kepada seluruh hadirin. SBY adalah orang satu-satunya yang diberi kesempatan berbicara di acara yang dihadiri purnawirawan TNI-Polri tersebut.

"Old soldiers never die. Raga kami mungkin tidak sekuat dahulu, tetapi semangat kami tetap kami berikan untuk Pancasila, untuk kedaulatan negara dan keutuhan NKRI. Kami tidak akan absen dan tetap berdiri mendukung negara dalam mengemban visi dan hal-hal yang fundamental," ucap SBY.

Dalam acara itu, terlihat hadir Jenderal (Purn) Wiranto, Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, Jenderal (Purn) Agum Gumelar, Jenderal TNI (Purn) Endriantono Sutarto, Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu, Marsekal (Purn) Joko Suyanto, Marsekal (Purn) Imam Sufaat, Laksamana (Purn) Slamet Subianto, dan Jenderal (Purn) Sutanto.

Hadir pula Jenderal (Purn) Agustadi Sasongko, Jenderal (Purn) Andika Perkasa, Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman, Letjen Bibit Waluyo, hingga Mayjen Kivlan Zein. Ibu Wismoyo Arismunandar, Ibu LB Moerdani, Titiek Soeharto, serta senior TNI-Polri angkatan 1971-1975 memenuhi undangan di kantor Kemenhan.

× Image