Home > Umum

Taekwondo Panglima Kostrad Cup 2024 Jadi Ajang Siapkan Bibit Atlet

Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 diharapkan dapat melahirkan atlet taekwondo di level nasional hingga internasional.
Pangkostrad Letjen Muhammad Saleh Mustafa.
Pangkostrad Letjen Muhammad Saleh Mustafa.

JakARTA -- Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Muhammad Saleh Mustafa membuka secara resmi kejuaraan Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024 di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (9/5/2024). Saleh pun mengucapkan selamat datang kepada para atlet dan terima kasih atas partisipasinya.

"Jadikanlah kejuaraan ini selain sebagai wahana untuk menyiapkan bibit-bibit atlet taekwondo yang andal, dapat pula dijadikan sebagai event untuk memantapkan dan mengukur tingkat kemampuan para taekwondoin, dan juga sebagai tolok ukur dalam mengevaluasi pembinaan olahraga taekwondo di Indonesia," ucap Saleh dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Taekwondo Panglima Kostrad Cup Tahun 2024 dapat dijadikan sebagai ajang silaturahim antarpelatih, atlet, hingga seluruh stakeholder yang berkecimpung di olahraga taekwondo. Saleh berharap, melalui kejuaraan itu, akan tercipta generasi muda yang unggul, kuat, dan berprestasi.

"Dalam falsafah taekwondo mengajarkan kepada setiap taekwondoin untuk selalu menjunjung tinggi pengorbanan, pengendalian diri, kebaikan, pengampunan dan cinta sesama manusia. Taekwondo juga menekankan penghormatan terhadap segala bentuk kehidupan," ujar Saleh.

Eks Pangdam XVII/Cenderawasih tersebut menegaskan, dirinya sangat mendukung diselenggarakannya kejuaraan taekwondo kali ini. Pertimbangannya adalah karena adanya kesamaan nilai-nilai dasar antara falsafah taekwondo dengan nilai-nilai patriotisme yang melekat pada jiwa generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa.

"Saya berharap melalui penyelenggaraan kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 dapat melahirkan atlet-atlet taekwondo baru yang berbakat dan berprestasi, tidak hanya di level nasional, namun juga di level internasional. Sehingga mampu membawa nama harum Indonesia di mata dunia," ucap Saleh.

Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen Richard Taruli Horja Tampubolon menyampaikan, pihaknya baru saja menyematkan sabuk hitam DAN V Kehormatan Kukkiwon kepada Letjen Muhammad Saleh Mustafa. Mewakili PBTI, Richard berharap dapat mempererat sinergitas dengan TNI, khususnya Kostrad dalam mencetak atlet yang dapat mengharumkan Indonesia di dunia internasional.

"Selaku ketua umum PBTI saya mengucapkan selamat atas penganugerahan ini, penganugerahan sabuk kehormatan tersebut sebagai bentuk apresiasi PBTI dan semua masyarakat taekwondo Indonesia atas dukungan luar biasa kepada Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dalam membangun dan memajukan taekwondo di Tanah Air yang kita cintai ini," ujar Richard.

× Image