Home > Pertahanan

Dua Perwira Kavaleri TNI AD Raih Gelar Sarjana dari Rabdan Academy

Pendidikan di Rabdan Academy, UEA ditempuh dalam kurun delapan semester dengan menyelesaikan 120 SKS.
Lettu Kav Clisye Merda Ardyanto dan Lettu Kav Bayu Septian Harta.
Lettu Kav Clisye Merda Ardyanto dan Lettu Kav Bayu Septian Harta.

JAKARTA -- Dua orang perwira TNI AD menerima penghargaan Distinction with Honours dan lulus dengan predikat summa cumlaude dalam pendidikan S1 Homeland Security di Rabdan Academy, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) pada Selasa (18/6/2024). Lettu Kav Clisye Merda Ardyanto dan Lettu Kav Bayu Septian Harta menerima penghargaan atas prestasinya masing-masing dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) kelulusan masing-masing 3,91 dan 3,90.

Penghargaan atas keduaanya diserahkan oleh Presidet Rabdan Academy, Laksamana Muda (Laksda) James Morse. Kedua prajurit TNI AD yang mendapatkan beasiswa tersebut bisa mengikuti pendidikan di Rabdan Academy setelah melalui berbagai seleksi akademik maupun kemampuan lainnya yang dipersyaratkan.

Pendidikan tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia dan Rabdan Academy, UEA. Lettu Kav Clisye Merda Ardyanto dan Lettu Kav Bayu Septian Harta Kusuma menempuh sarjasa di Homeland Security.

Program pendidikan S1 Homeland Security itu menitikberatkan pada berbagai mata kuliah di bidang pertahanan dan keamanan negara, seperti mata kuliah di bidang intelijen, kontraterorisme, perang konvensional dan nonkonvensional, kejahatan internasional, serta mata kuliah lainnya.

Pendidikan di Rabdan Academy ditempuh dalam kurun delapan semester dengan menyelesaikan 120 satuan kredit semester (SKS). Kedua perwira TNI AD itu pun berharap dengan prestasi yang diraih kelak dapat mempererat hubungan militer antara Indonesia dan UEA serta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam menjalankan tugas di lingkungan TNI AD.

× Image