Home > Pertahanan

Wakil KSAD Kunjungi Pabrikan Drone Turki Baykar di Istanbul

Letjen Tandyo Budi Revita berfoto dengan Selcu Bayraktar di depan drone Kizilelma.
Wakil KSAD Letjen Tandyo Budi Revita bertemu CTO Baykar, Selçuk Bayraktar.
Wakil KSAD Letjen Tandyo Budi Revita bertemu CTO Baykar, Selçuk Bayraktar.

ISTANBUL -- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letnan Jenderal (Letjen) Tandyo Budi Revita dan delegasi TNI AD mengunjungi Pusat Teknologi Nasional Bayraktar Ozdemir di pabrikan Baykar, Istanbul, Turki pada Senin (24/6/2024). Tandyo diterima oleh Chief Technology Officer (CTO) Baykar sekaligus perancang sejumlah drone Bayraktar, yaitu Selçuk Bayraktar.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi tuan rumah bagi mereka," begitu keterangan resmi akun X @BaykarTech dikutip di Jakarta, Selasa (25/6/2024). Mereka pun berfoto di depan prototipe pesawat tempur tanpa awak Kizilelma.

Dari informasi yang penulis kumpulkan, TNI AD mengincar drone Anka. Pesawat tempur nirawak tersebut akan digunakan TNI AD untuk menunjang tugas pengintaian dan pengumpulan informasi dari daerah lawan.

Adapun drone Anka bisa terbang tanpa henti selama 24 jam di ketinggian 30 ribu kaki dan membawa muatan 350 kilogram. Nantinya, Bayrakyar akan menggandeng PT Dirgantara Indonesia (DI) untuk membangun drone produksi bersama, yang dipasarkan untuk kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, Dubes RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama mengunggah foto bersama dengan CTO Baykar, Selcuk Bayraktar. Keduanya berfoto di depan pesawat tempur tanpa awak Kizilelma yang berada di dalam pabrikan Bayraktar, Istanbul, Selasa (26/3/2024). Rizal berharap, hubungan di bidang pertahanan antara RI dan Turki bisa semakin erat ke depannya.

"Merhaba Istanbul Hari ini saya berkesempatan untuk berdiskusi tentang strategi kemitraan dan kolaborasi di bidang pertahanan antara Indonesia dan Turki. Pertemuan dengan Bayraktar bersaudara, Haluk Bayraktar yang menjabat sebagai CEO, dan Selcuk Bayraktar, yang merupakan Ketua Dewan Direksi dan Chief Technology Officer di Baykar Technology," kata Rizal melalui akun X @AchmadRPurnama dikutip di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

× Image