Home > Pertahanan

Lettu Andaru Dhimas Tuntaskan Kursus Peperangan Elektronika di AS

Lettu Andaru meraih predikat Class Honor Graduate di Information Warfare Training Center, Virginia Beach, AS.
Lettu Laut (P) Andaru Dhimas Nugraha Vidianto, S.Tr. Han.
Lettu Laut (P) Andaru Dhimas Nugraha Vidianto, S.Tr. Han.

JAKARTA -- Prestasi gemilang dalam bidang pendidikan kembali diukir perwira TNI AL. Kali ini, Lettu Laut (P) Andaru Dhimas Nugraha Vidianto, S.Tr. Han berhasil menyelesaikan kursus Electronic Warfare Officer International Course dengan predikat Class Honor Graduate di Information Warfare Training Center, Virginia Beach, Amerika Serikat (AS).

Kursus yang diselenggarakan oleh Information Warfare Training Command di Virginia Beach tersebut berlangsung selama dua pekan mulai 30 Mei sampai 14 Juni 2024. Kursus tersebut diperuntukkan bagi perwira peperangan elektronika yang berdinas di kapal perang. Kegiatan dilaksanakan di Dam Neck Annex Naval Base yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

Lettu Laut (P) Andaru Dhimas Nugraha Vidianto, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 61 yang sehari-hari menjabat sebagai Pejabat Sementara Kadivbah KRI Frans Kaisiepo-368 (KRI FKO-368). Lettu Andaru berhasil memperoleh predikat Class Honour Graduate dengan sistem yang penilaian weekly test dengan nilai rata-rata akhir 100 persen.

Adapun tujuan dari kursus tersebut adalah untuk melatih personel angkatan laut dunia dan angkatan bersenjata lainnya dalam menghadapi peperangan informasi dan elektronika yang menggunakan wahana spektrum dalam setiap operasi militer. Beberapa materi yang disampaikan meliputi Electronic Warfare, Electronic Attack, Electronic Support, Electronic Protection, Electro Optic, Satellite, Functional Signal Analysis, Electronic Intelligence, missile guidance system, fire control radar, EW plots dan berbagai materi lainnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta mengasah kemampuan yang dimiliki agar dapat berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

× Image