Home > Pertahanan

KSAU Anugerahkan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama ke 4 Pati TNI AU

Penghargaan tersebut diberikan kepada mereka yang berjasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI AU.
KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono bersama empat pati TNI AU penerima Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama.
KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono bersama empat pati TNI AU penerima Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama.

JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono memberikan tanda kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama kepada empat pejabat tinggi (pati) TNI AU di Gedung Raden Suryadi Suryadharma, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/7/2024). Tanda kehormatan itu diberikan pemerintah lantaran keempat pati tersebut dianggap membawa kemajuan terhadap TNI AU dan berjasa bagi militer Indonesia.

Keempat pati yang mendapatkan tanda kehormatan adalah Pangkoopsud I Marsda Muhammad Nurdin, Aspres Panglima TNI Marsda Mohammad Syafii, Kaskogabwilhan 2 Marsda Deni Hasoloan, dan Dankopasgat Marsda Yudi Bustami. "Ini untuk menghormati prajurit yang telah menunjukkan kesetiaan dan jasa luar biasa dalam kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Udara," ujar Tonny dalam siaran pers resmi Dispenau di Jakara, Sabtu (13/7/2024).

Tonny menyatakan, penganugerahan bintang kehormatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 43/TK/Tahun 2024 tentang penganugerahan tanda kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama. Dengan adanya pemberian penghargaan itu, Tonny berharap, keinginan membangun kekuatan militer TNI AU dapat ditularkan kepada seluruh jajarannya.

Sebelumnya, Bintang Swa Bhuwana Paksa diberikan bagi mereka yang telah memberikan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI AU. Penghargaan ini dapat diberikan juga kepada masyarakat sipil yang bukan bagian dari anggota TNI AU.

Beberapa nonanggota TNI yang telah mendapatkan bintang penghargaan tersebut, antara lain mantan Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan anggota I BPK kala itu Hendra Susanto. Pemberian penghargaan itu dilakukan oleh KSAU terdahulu Marsekal (Purn) Fadjar Prasetyo pada 2023.

× Image