Home > Pertahanan

Bertemu Wapres, KSAL Akui Bahas Keamanan Laut China Selatan

Wapres menanyakan terkait kemungkinan dibangunnya rest area laut di Selat Sunda, khususnya di wilayah Banten.
KSAL Laksamana Muhammad Ali bertamu ke kediaman Wapres KH Ma'ruf Amin.
KSAL Laksamana Muhammad Ali bertamu ke kediaman Wapres KH Ma'ruf Amin.

JAKARTA -- Setelah sehari sebelumnya menerima audiensi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Mohamad Tonny Harjono, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin pada Selasa (23/7/2024) siang WIB, menerima audiensi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Usai pertemuan yang berlangsung di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat, Laksamana Ali menyampaikan dalam keterangan persnya.

Dia mengaku, bertemu Wapres untuk melaporkan berbagai perkembangan institusi TNI AL, khususnya situasi keamanan laut di seluruh wilayah Tanah Air. "Tadi baru saja kami menghadap Bapak Wakil Presiden dan kami menjelaskan langsung pada beliau terkait dengan situasi keamanan laut," ujar Ali.

Pada kesempatan itu, kata Ali, Wapres secara khusus menanyakan terkait situasi di Laut Natuna Utara dan Laut Cina Selatan, serta beberapa perairan lainnya di Indonesia timur. "Kemudian, beliau juga menyampaikan terkait dengan kemungkinan dibangunnya rest area laut di Selat Sunda, khususnya di wilayah Banten," ujarnya.

Menurut Ali, RI 2 menyoroti pentingnya pembangunan rest area laut yang diharapkan akan menguntungkan akses dan kepentingan maritim Indonesia, baik dari segi ekonomi maupun pertahanan dan keamanan. Tidak hanya di Selat Sunda, Wapres juga menanyakan kemungkinan pembangunan rest area laut di Selat Malaka, khususnya di Perairan Batam.

"Itu kami laporkan juga bahwa di Pulau Nipah nantinya juga sama, akan dibangun juga one stop service untuk kemaritiman perdagangan laut yang melewati Selat Malaka khususnya," ucap Ali.

Terakhir, Ali selain membahas situasi keamanan di seluruh wilayah Nusantara, juga melaporkan terkait peringatan HUT Ke-79 TNI pada 5 Oktober 2024. "Dan kita menyampaikan bahwa nanti mungkin perkembangan ke depan (akan dilaporkan) pada saat hari ulang tahun TNI (yang) akan diadakan atau diselenggarakan di Surabaya, di mana nanti panitianya juga melibatkan dari armada-armada di bawah jajaran TNI Angkatan Laut," ucap Ali.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi menambahkan, Wapres diagendakan hadir pada acara peringatan HUT TNI di Kota Surabaya, Jawa Timur, sekaligus untuk menerima brevet (lencana). "Saya kira tadi ada hal yang juga disanggupi oleh Bapak Wapres, bahwa Bapak Wapres akan hadir dalam acara penyematan Brevet dan akan hadir di Surabaya untuk (acara) 5 Oktober," ungkap Masduki.

× Image