Home > Nasional

Prabowo Ternyata Juga Mampir ke Albania dalam Lawatan Eropa

Menhan Prabowo bertemu dengan PM Albania Edi Rama dan Presiden Albania Bajram Begaj di Tirana, Senin (29/7/2024).
Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menyalami Prabowo di Bandara Tirana, Albania, Senin (29/7/2024). Sumber: Seputarmiliter.id
Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menyalami Prabowo di Bandara Tirana, Albania, Senin (29/7/2024). Sumber: Seputarmiliter.id

TIRANA -- Lawatan Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo ke Eropa mendapat sorotan publik. Selama ini, akun media sosial resmi Prabowo maupun Kementerian Pertahanan (Kemenhan) hanya mengunggah agenda di Prancis, Serbia, Turki, dan Rusia.

Prabowo bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Ternyata di sela lawatan ke Benua Biru, Prabowo juga menyempatkan bertemu Perdana Menteri (PM) Albania Edi Rama dan Presiden Albania Bajram Begaj. Pertemuan itu berlangsung pada Senin (29/7/2024).

Informasi itu diunggah oleh Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta. Menurut Iwan yang sempat berfoto dengan ajudan Prabowo, yaitu Mayor Inf Teddy Indra Wijaya, kedatangan Prabowo di Bandara Tirana, disambut Deputi PM Belinda Balluku.

"Hari ini bersama Deputi Perdana Menteri Albania, Mrs Belinda Balluku, dan Asisten Atase Pertahanan Beograd, Mayor Laut (P) Madu Susilo, saya menyambut Bapak Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Republik Indonesia Terpilih di Tirana International Airport, Albania," ucap Iwan dikutip di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Menurut Iwan, Indonesia memang perlu untuk mempererat hubungan dengan beberapa negara di kawasan Balkan. "Kunjungan ini merupakan rangkaian dari lawatan Menteri Pertahanan ke beberapa negara. Di Albania, Menteri Pertahanan/Presiden Terpilih melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Albania Edi Rama dan Presiden Albania Bajram Begaj. Saya berpandangan, pertemuan ini sangat penting dalam meningkatkan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Balkan," kata Iwan.

Prabowo pun melaporkan hasil kunjungannya ke luar negeri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (2/7/2024). "Ya saya baru tiba kemarin (Kamis) sore, jadi saya hari ini, saya minta waktu laporan ke Presiden, kunjungan saya (ke luar negeri) kemarin," ujar Prabowo saat tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat.

× Image