Home > Pertahanan

Bertemu Komandan USSOCOM, Prabowo: AS Teman Dekat Indonesia

Indonesia menantikan Dialog Keamanan Indonesia-AS yang dijadwalkan pada Oktober 2024.
Menhan Prabowo Subianto bersama Komandan Koopsus AS Jenderal Bryan Patrick Fenton. Sumber:Seputarmiliter.id
Menhan Prabowo Subianto bersama Komandan Koopsus AS Jenderal Bryan Patrick Fenton. Sumber:Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kedatangan Commander of The United States Special Operations Command (USSOCOM) atau Komandan Komando Operasi Khusus (Koopsus) Amerika Serikat Jenderal Bryan Patrick Fenton beserta delegasi di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2024). Kedatangan Fenton disambut oleh Wamenhan RI M Herindra sekaligus dengan jajar kehormatan.

Selanjutnya, Prabowo menyambut Fenton dan delegasi di ruang kerjanya. Pertemuan keduanya berlangsung dengan penuh keakraban. "Terima kasih atas kunjungan kehormatannya. AS sebagai teman dekat Indonesia, diharapkan dapat memperkuat kemitraan antara kedua negara kita," ujar Prabowo.

Fenton pun senang lantaran Prabowo mau menerima kunjungannya. "Terima kasih atas waktunya Bapak," kata Fenton.

Keduanya pun membahas pertemuan Presiden Jokowi bersama Presiden Joseph R Biden di Washington DC pada 13 November 2023, yang bersepakat meningkatkan status bilateral kedua negara menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif (Comprehensive Strategic Partnership/CSP). Oleh karena itu, pertemuan Prabowo dan Fenton sejalan dengan hal tersebut. Keduanya ingin memperkuat kemitraan di bidang pertahanan.

Prabowo menyampaikan, Indonesia menantikan Dialog Keamanan Indonesia-AS yang dijadwalkan pada Oktober 2024. Dialog tersebut merupakan platform penting untuk memperdalam kerja sama keamanan bilateral dan mengatasi tantangan bersama untuk meningkatkan stabilitas kawasan dan memupuk saling pengertian.

Turut mendampingi Menhan Prabowo dalam pertemuan ini yaitu Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Kabaranahan Kemenhan Marsdya Yusuf Jauhari, dan Dirjen Strahan Kemenhan Mayjen Ujang Darwis.

× Image