Home > Nasional

Jokowi Ajak Prabowo Buka KTT Forum Indonesia-Afrika 2024 di Bali

Indonesia siap bermitra dengan siapa pun, utamanya dengan kawasan Afrika sebagai kunci agenda pembangunan global.
Presiden Jokowi bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto di HLF MSP Indonesia-Africa Forum. Sumber: Seputarmiliter.id
Presiden Jokowi bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto di HLF MSP Indonesia-Africa Forum. Sumber: Seputarmiliter.id

BADUNG -- Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto diajak mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka sekaligus memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (1/9/2024). Sebelumnya, Prabowo juga diajak Jokowi saat gala dinner.

"Yang Mulia dengan ini saya nyatakan sesi Joint Leader’s Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak dan Forum Indonesia-Afrika Kedua dibuka," kata Jokowi saat membuka KTT HLF MSP dan IAF ke-2.

Dalam sambutannya pada Joint Leaders’ Session, Jokowi menyatakan, diperlukan arah dan visi baru serta strategi dan langkah taktis baru untuk mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan inklusif bagi negara berkembang. Oleh karena itu, Jokowi ingin menekankan empat poin kepada para pemimpin negara dari Afrika.

Pertama, pencapaian target SDGs harus tetap menjadi fokus utama pembangunan global yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional dan regional, termasuk agenda 2063 Afrika dan didukung kemitraan multipihak. Kedua, Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global.

Ketiga, Indonesia siap bermitra dengan siapa pun, utamanya dengan kawasan Afrika sebagai kunci agenda pembangunan global. Keempat dan terakhir, solidaritas global perlu dihidupkan kembali untuk meningkatkan kerja sama Selatan-Selatan, untuk meningkatkan kerja sama Utara-Selatan Sehingga dapat saling melengkapi dan bahu-membahu dalam mengatasi tantangan global.

Sementara itu, Menhan Prabowo dijadwalkan menjadi keynote speaker (pembicara utama) pada High-Level Plenary Session. Turut hadir tamu negara di antaranya, Ketua Senat Parlemen Kenya Amason J Kingi; Presiden Dewan Nasional Kawasan dan Distrik Republik Tunisia Imed Derbali, Presiden Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, dan tamu negara lainnya.

× Image