Home > Nasional

Pangkoopsudnas Ikut Panen Raya di Lahan Lanud Atang Sendjaja

Koopsudnas bersama satuan jajaran, memanfaatkan lahan yang ada menjadi lahan produktif.
Koopsudnas menggelar panen raya bersama di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/9/2024). Sumber: Seputarmiliter.id
Koopsudnas menggelar panen raya bersama di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/9/2024). Sumber: Seputarmiliter.id

BOGOR -- Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) melalui Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) Koopsudnas menggelar panen raya bersama di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/9/2024). Panen raya berbagai sayuran dan hasil bumi tersebut, sebagai komitmen Koopsudnas dalam mendukung dan menyukseskan program ketahanan pangan nasional (food estate), yang dicanangkan pemerintah.

Panglima Koopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi S memimpin panen raya di lahan ketahanan pangan Lanud Atang Sendjaja. Dia mengatakan, mencermati perkembangan lingkungan strategis, kebutuhan pangan telah menjadi konsen pemerintah Indonesia.

"Sesuai arahan Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara bahwa TNI harus mendukung program pemerintah, termasuk dalam hal ketahanan pangan. Maka Koopsudnas bersama satuan jajaran, memanfaatkan lahan yang ada menjadi lahan produktif," jelas Tedi.

Koopsudnas melalui Binpotdirga Lanud Atang Sendjaja bekerja sama dengan stakeholder dan masyarakat, berkolaborasi mendukung pelaksanaan program ketahanan pangan nasional. Mereka memanfaatkan aset TNI AU, sebagai lahan produktif untuk bercocok tanam.

Tedi berharap, program ketahanan pangan di Lanud Atang Sendjaja, memberi manfaat, bagi peningkatan kesejahteraan masyatakat Indonesia. Selain itu, juga untuk mewujudkan stabilitas harga pangan di wilayah Bogor, dan mendukung program pemerintah, yakni makan bergizi gratis.

Panen raya bersama dilaksanakan di lahan seluas 18 hektare yang berada di sekitar runway Lanud Atang Senjaja, yang melibatkan petani binaan. Adapun jenis yang dipanen, meliputi bayam, kangkung, terong, dan hasil bumi tanaman singkong serta jagung. Selanjutnya, hasil panen didistribusikan ke Pasar Induk Kemang, Kabupaten Bogor guna memenuhi kebutuhan sayur mayur dan bahan makan masyarakat.

Turut hadir dalam panen raya, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, para Asisten Koopsudnas, Danlanud Atang Sendjaja Marsma TNI JH Ginting, pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Bogor, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, para pejabat Koopsud I dan Lanud Atang Sendjaja.

× Image